Pengertian VGA: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Apa itu VGA Card? Ini adalah pertanyaan yang seringkali muncul ketika kita berbicara mengenai komputer dan teknologi informasi.

Dalam artikel ini, solusipc.com akan membahas secara mendalam tentang pengertian VGA atau Video Graphics Array,  fungsi, jenis hingga cara kerjanya.

Pengertian VGA

VGA Card atau Video Graphics Array Card merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data grafis, baik itu gambar vektor, gambar raster, atau video, agar bisa ditampilkan pada layar monitor.

VGA Card dikenal juga sebagai kartu grafis atau kartu video, yang terdiri dari beberapa komponen penting, di antaranya adalah GPU (Graphics Processing Unit), VRAM (Video Random Access Memory), serta konektor video seperti HDMI, DisplayPort, atau DVI.

Semua komponen tersebut bekerja bersama-sama untuk menghasilkan tampilan grafis yang optimal di layar monitor.

VGA sendiri merupakan salah satu bagian terpenting dan tidak bisa diabaikan dalam sebuah komputer, baik itu komputer desktop, laptop, maupun pada alat-alat digital lainnya seperti televisi dan proyektor.

Seiring berkembangnya teknologi, VGA Card saat ini hadir dalam berbagai jenis dan tipe, mulai dari yang sederhana hingga yang high-end dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Ada beberapa perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk VGA Card-nya, seperti NVIDIA dan AMD, yang bersaing untuk menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna komputer.

Apakah VGA dan GPU Sama?

Meskipun sering digunakan secara bergantian, VGA dan GPU sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk lebih memahami perbedaan antara keduanya, mari kita bahas lebih lanjut tentang masing-masing istilah ini.

VGA adalah standar video yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1987 dan banyak digunakan pada komputer zaman dulu.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, VGA mulai ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi yang lebih modern, seperti HDMI dan DisplayPort.

Dalam konteks komputer modern, istilah VGA kerap digunakan secara luas untuk merujuk pada kartu grafis secara keseluruhan.

Sementara GPU adalah komponen terpenting dari sebuah VGA Card. GPU adalah sebuah chip prosesor yang mendukung komputasi grafis yang kompleks, seperti rendering grafis 3D atau mengolah video dengan resolusi tinggi.

GPU memiliki arsitektur yang dirancang khusus untuk mengolah grafik, sehingga lebih efisien daripada CPU (Central Processing Unit) dalam melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan grafis.

GPU sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu GPU terintegrasi dan GPU diskrit. GPU terintegrasi adalah grafis yang sudah terpasang di dalam chipset atau prosesor komputer, sementara GPU diskrit adalah grafis yang terpasang pada kartu yang dapat dilepas dan diganti.

GPU diskrit memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan GPU terintegrasi, tetapi umumnya juga lebih mahal dan membutuhkan daya tambahan.

Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa VGA dan GPU tidaklah sama.

VGA merujuk pada kartu grafis secara keseluruhan dengan berbagai komponennya, sedangkan GPU adalah salah satu komponen yang ada di dalam VGA Card tersebut.

GPU memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan tampilan grafis yang optimal, namun tetap membutuhkan dukungan dari komponen-komponen lainnya di dalam VGA Card.

Fungsi VGA Komputer

VGA memiliki banyak fungsi dalam sistem komputer, diantaranya sebagai berikut:

Sebagai Penerjemah Alat Keluaran ke Monitor

Fungsi VGA yang pertama adalah sebagai penerjemah, mengubah data atau informasi dari komputer menjadi bentuk visual yang dapat dipahami oleh pengguna.

Tanpa VGA, kita tidak akan bisa melihat apa pun di layar monitor, karena sistem komputer dan monitor berbicara dalam bahasa yang berbeda.

Sebagai Pengubah Sinyal Digital di Komputer Menjadi Tampilan Grafis Pada layar Monitor

VGA bekerja dengan mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor.

Proses ini melibatkan serangkaian perhitungan kompleks yang dilakukan dalam hitungan nanodetik.

Selain itu, VGA juga bertanggung jawab untuk mengirim sinyal ke monitor pada waktu yang tepat dan dengan kecepatan yang tepat.

Menyimpan Data dari Hardisk

VGA memiliki memori sendiri yang digunakan untuk menyimpan data grafis sebelum ditampilkan di layar monitor.

Memori ini disebut dengan Video RAM atau VRAM.

Semakin besar kapasitas VRAM, maka semakin banyak data grafis yang bisa disimpan dan diproses oleh VGA.

Menyuplai Data untuk Processor

VGA menyuplai data grafis ke processor. Processor kemudian mengolah data tersebut dan mengirimkan kembali ke VGA untuk ditampilkan di monitor.

Untuk Menggambar (Design Graphic) Ataupun Bermain Game

Fungsi VGA lainnya adalah untuk mendukung kegiatan yang membutuhkan grafis tinggi seperti menggambar, mendesain grafis dan bermain game. VGA yang bagus akan mampu menampilkan grafis dengan kualitas tinggi dan detail.

Membuat Gambar dengan Kualitas Bagus

Pada dasarnya, VGA bertanggung jawab untuk menghasilkan tampilan yang bagus pada monitor. Faktor yang mempengaruhi kualitas tampilan antara lain resolusi, warna, dan kecepatan.

Memproses Semua Grafis yang akan Dimunculkan di Monitor

Seluruh proses pengolahan grafis dalam komputer dilakukan oleh VGA. Mulai dari mengubah data menjadi grafis, mengolah data grafis, hingga menampilkan hasil akhir di layar monitor.

Jenis-Jenis VGA Komputer

VGA Komputer memiliki beberapa jenis berdasarkan jenis memorinya dan fisiknya, diantaranya:

Berdasarkan Jenis Memorinya

VRAM

VRAM atau Video Random Access Memory adalah jenis memori yang digunakan oleh VGA untuk penyimpanan sementara data grafis.

jenis VGA ini memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan jenis memori lainnya.

RAMBUS

RAMBUS adalah jenis memori yang dikembangkan oleh perusahaan Rambus Inc.

Memori ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis memori lainnya, tetapi harganya juga lebih mahal.

SGRAM

SGRAM atau Synchronous Graphics Random Access Memory adalah jenis memori yang dirancang khusus untuk kebutuhan grafis.

SGRAM memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan VRAM, tetapi harganya juga lebih mahal.

Dynamic RAM

Dynamic RAM adalah memori yang paling banyak digunakan untuk VGA.

Memori ini memiliki kecepatan yang baik dan harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis memori lainnya.

EDORAM

EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory adalah jenis memori yang biasa digunakan untuk VGA dengan kinerja yang baik dan harganya juga relatif terjangkau.

Berdasarkan Fisiknya

VGA Add On

VGA Add On atau VGA tambahan adalah jenis VGA yang dapat ditambahkan ke dalam sistem komputer. VGA ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kualitas tampilan atau untuk kebutuhan khusus seperti gaming dan desain grafis.

VGA on-Board

VGA on-Board adalah jenis VGA yang sudah terintegrasi dengan motherboard. Jenis VGA ini tidak bisa diganti atau ditingkatkan karena sudah menjadi satu dengan komponen komputer.

Cara Kerja VGA Card

Cara kerja VGA Card dimulai saat komputer mengirimkan data grafis ke VGA. Data ini kemudian diubah oleh VGA menjadi tampilan yang dapat ditampilkan di layar monitor.

Proses ini melibatkan serangkaian perhitungan yang dilakukan oleh chip grafis VGA.

Pada dasarnya, data yang dikirim oleh komputer terdiri dari serangkaian angka yang merujuk pada piksel di layar monitor. Angka-angka ini memberitahu VGA warna dan kecerahan yang harus ditampilkan di setiap piksel.

VGA kemudian mengolah angka-angka ini dan mengubahnya menjadi sinyal yang dapat dipahami oleh monitor.

Semua proses di atas dilakukan pada kecepatan yang sangat tinggi dan dalam jumlah yang sangat besar. Inilah sebabnya mengapa VGA memerlukan chip grafis yang kuat dan memori yang cukup.

Setelah semua proses selesai, VGA akhirnya akan mengirimkan sinyal ke monitor untuk ditampilkan. Monitor kemudian akan menerima sinyal tersebut dan menampilkannya dalam bentuk gambar atau video.

Tinggalkan komentar