Pengertian Sound Card: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Salah satu bagian yang vital pada sebuah komputer adalah sound card.

Jika kita melakukan analogi, maka manusia memiliki telinga untuk mendengarkan, sedangkan komputer memiliki sound card untuk menciptakan dan memproses suara.

Apabila spesifier suara pada komputer Anda kurang memuaskan, mungkin saja masalahnya ada di kartu suara.

Inilah mengapa sound card memiliki peran penting pada komputer, terutama untuk mereka yang pekerjaannya bergantung pada kualitas suara yang dihasilkan oleh komputer.

Pengertian Sound Card

Sound Card adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk memproses data suara pada komputer atau laptop.

Biasa ditempatkan pada mother board yang menjadi bagian integral dari sistim komputer.

Peran dari sound card sendiri sangatlah penting, terutama bagi pemakai komputer yang kerap menggunakan aplikasi audio seperti musik, video, dan lain sebagainya.

Sound Card diartikan sebagai kartu suara atau kartu audio yang biasanya terintegrasi dengan motherboard pada komputer modern.

Akan tetapi, beberapa komputer menggunakan sound card eksternal atau offboard untuk kualitas suara yang lebih baik.

Bagian ini berfungsi untuk merubah sinyal digital ke sinyal analog dan sebaliknya saat memproses suara.

10 Fungsi Sound Card

Berikut ini adalah 10 fungsi Sound Card yang perlu anda ketahui:

1. Menghasilkan Suara

Menghasilkan suara adalah fungsi utama dari sound card. Ketika kita mendengar suara dari komputer, itu semua berkat pekerjaan sound card.

Sound card berfungsi memproses suara digital menjadi suara analog yang dapat kita dengarkan. Sehingga, jika kualitas suara yang dihasilkan kurang baik, bisa jadi itu terjadi karena kualitas sound card yang rendah.

2. Memfasilitasi Perekaman Suara

Sound card berfungsi tidak hanya untuk menghasilkan suara, tetapi juga memfasilitasi perekaman suara.

Bagi mereka yang bergerak di bidang musik atau yang membutuhkan peralatan untuk merekam suara, sound card menjadi perangkat penting.

Proses konversi suara analog menjadi suara digital saat perekaman suara merupakan salah satu dari banyak fungsi sound card.

3. Mengendalikan Speaker dan Headphone

Sound card berfungsi untuk mengontrol speaker dan headphone. Dia memiliki kontrol atas suara yang keluar dari komputer dan diberikan kepada speaker atau headphone.

Jika suara yang dikeluarkan oleh speaker atau headphone tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, kemungkinan besar permasalahan ada pada sound card.

4. Memberikan Efek Suara

Sound card juga memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa efek suara.

Dengan sound card, kita bisa mengubah atau memodifikasi suara asli dan menambahkan efek tertentu untuk memberikan hasil yang berbeda.

Efek yang dimaksud bisa berupa echo, reverb, dan lain-lain.

5. Menyediakan MIDI

Sound card menyediakan MIDI (Musical Instrument Digital Interface) yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat musik digital lainnya.

Dengan demikian, musisi bisa menyambungkan alat musiknya dengan komputer dan melakukan rekaman secara langsung.

6. Mengendalikan Input dan Output Audio

Sound card memberikan kontrol pada input dan output suara.

Card ini menangani seluruh input audio, seperti mikrofon dan line-in, serta mengontrol output audio seperti speaker dan headphone.

7. Mendukung Program Audio

Sound card mendukung berbagai program audio seperti perekam suara, pemutar musik, dan editor audio.

Jika perekam suara atau pemutar musik tidak dapat berjalan dengan baik di komputer, mungkin salah satunya disebabkan oleh masalah pada sound card.

8. Memfasilitasi Konektivitas

Selain memfasilitasi input dan output audio, sound card juga membantu dalam konektivitas audio.

Ini berarti sound card memungkinkan mikrofon, speaker, dan perangkat suara lainnya untuk terhubung dan bekerja dengan baik.

9. Penting dalam Game

Bagi para gamer, sound card memiliki peran yang sangat vital. Sound card adalah komponen yang memberikan audio yang realistis dan mendalam ketika bermain game. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas pengalaman bermain.

10. Mendukung Sistem Surround Sound

Sound card mendukung sistem surround sound atau sistem suara yang membuat pengguna seolah-olah berada di tengah-tengah aksi. Ini sangat penting, terutama bagi mereka yang suka menonton film atau bermain game di komputer.

Jenis-Jenis Sound Card

Ada berbagai jenis sound card yang tersedia di pasaran, dan masing-masingnya memiliki fungsi dan keunggulannya sendiri.

Jenis-jenis ini biasanya ditentukan berdasarkan kebutuhan pengguna dan biasanya tergantung pada bagaimana mereka menggunakan komputernya.

Sound Card Onboard

Sound Card Onboard adalah sound card yang sudah terintegrasi dengan motherboard. Ini menjadi pilihan bagi pengguna yang tidak memerlukan kualitas suara dengan standar tinggi.

Penggunaan sound card onboard sendiri sudah cukup memadai untuk melakukan pekerjaan sehari-hari seperti mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game.

Sound Card onboard biasanya sudah disediakan langsung oleh produsen komputer atau laptop.

Selain itu, untuk menghemat biaya produksi, sebagian besar vendor komputer saat ini biasanya memilih untuk menggunakan jenis sound card ini.

Sound Card Offboard

Berbeda dengan sound card onboard, sound card offboard merupakan kartu suara yang terhubung dengan motherboard melalui slot ekspansi seperti PCI atau PCI Express.

Biasanya sound card offboard digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang audio atau musik atau mereka yang menginginkan pengalaman audio yang lebih baik.

Jenis Sound Card offboard memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan sound card onboard.

Ini karena sound card offboard memiliki komponen-komponen yang lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan sound card onboard.

Hal ini membuat sound card offboard dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan detail.

Sound Card External

Sound Card External adalah jenis sound card yang tidak diintegrasikan dengan motherboard dan biasa digunakan pada komputer atau laptop dengan port USB.

Sound card jenis ini populer di kalangan produser musik, pemain game, dan pengguna yang mengutamakan kualitas suara.

Sound card external ini memiliki kualitas suara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sound card onboard dan offboard.

Hal ini dikarenakan sound card external memiliki komponen-komponen yang lebih berkualitas.

Sehingga, mampu menghasilkan suara yang lebih jernih, detail dan memiliki tingkat distorsi yang rendah.

Cara Kerja Sound Card

Cara kerja dari sound card adalah merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Ini adalah proses yang sangat penting dalam sistem komputer.

Sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer disimpan dalam bentuk bit dan byte. Kemudian, computer memerlukan sound card untuk merubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal analog yang bisa kita dengar.

Hal ini memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan pengguna melalui suara, yang penting dalam banyak aplikasi, termasuk mendengarkan musik, menonton video, dan bermain game.

Tanpa sound card, pengguna tidak akan dapat mendengarkan suara apa pun dari komputer mereka, membuat komputer tersebut menjadi hampir tidak berguna untuk hiburan atau aplikasi audio lainnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, peran sound card dalam komputer sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele.

Sound card memberikan kemampuan bagi komputer untuk memproses suara dan memungkinkan pengguna untuk mendengar audio melalui speaker atau headphone.

Selain itu, keberadaannya juga memberikan pengalaman audio yang lebih baik bagi pengguna.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui pengertian sound card, fungsinya, jenis-jenisnya, dan cara kerjanya.

Tinggalkan komentar