Pengertian Printer: Sejarah, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai alat penunjang pekerjaan mulai bermunculan dan tentunya memberikan kemudahan bagi industri di berbagai sektor. Salah satu di antaranya adalah Printer.

Alat ini telah menunjukkan kontribusinya yang cukup signifikan dalam membantu berbagai aktivitas industri, misalnya mencetak dokumen, proyeksi data, hingga pembuatan model 3D.

Dalam kesempatan ini, solusipc.com akan membagikan informasi terkait pengertian printer, sejarah, fungsi, jenis, cara kerja bagian-bagiannya.

Pengertian Printer

Printer merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang berfungsi sebagai media output yang dapat mencetak data, teks, atau gambar dari komputer ke media kertas atau media serupa lainnya.

Printer berasal dari kata Print yang dalam Bahasa Inggris berarti cetak.

Sehingga dapat dipahami bahwa printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak informasi dari komputer ke suatu media.

Sebagai alat untuk mencetak informasi digital menjadi bentuk fisik, printer menjadi alat yang sangat penting, terutama dalam berbagai kegiatan operasional suatu perusahaan.

Printer bisa digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting seperti faktur, laporan keuangan, dan lain-lain.

Sejarah Printer

Charles Babbage, yang dikenal sebagai “Bapak Komputasi”, merupakan orang pertama yang menciptakan sebuah mesin yang bisa mencetak hasil perhitungan matematika secara otomatis, mesin tersebut biasa disebut dengan “Komputer Mehanis”.

Mesin ini dianggap sebagai cikal bakal dari printer.

Kemudian, di tahun 1938, Chester Carlson menciptakan teknologi Xerographic yang menjadi dasar bagi printer laser dan fotokopi.

Proses pencetakan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet pada drum yang berisikan partikel-partikel hitam, yang kemudian akan menempel di kertas.

Di paruh keduanya abad 20, teknologi printer dot matrix dan inkjet mulai dikenal.

Dengan munculnya komputer pribadi di tahun 1980-an, printer menjadi semakin populer dan beragam.

Fungsi Printer

Memunculkan Data dari Komputer

Dalam konteks komputasi, printer digunakan sebagai perangkat output yang dapat menerjemahkan data yang disimpan dalam memori komputer menjadi bentuk fisik yang bisa dilihat dan disimpan di luar perangkat komputer tersebut.

Mencetak Data Dari Komputer

Fungsi ini adalah fungsi printer yang utama. Setiap data, entah itu berupa teks, gambar, grafik, atau apapun yang dapat ditampilkan dan diproses oleh komputer, bisa dicetak dan dipindahkan ke media lain melalui printer ini.

Memindai (Scanning)

Beberapa tipe printer, terutama yang sudah Multifungsi, memiliki kemampuan untuk memindai suatu dokumen.

Fungsi printer ini memungkinkan pengguna untuk mengkonversi dokumen fisik menjadi data digital yang dapat diproses lebih lanjut dalam komputer.

Jenis-Jenis Printer

Laser Jet

Printer laser jet mengandalkan teknologi laser sebagai media untuk mencetak.

Keunggulan dari printer ini adalah kecepatan dan kualitas hasil cetakan yang tinggi.

Cocok digunakan untuk kebutuhan mencetak yang memerlukan detail tinggi dan volume tinggi.

Dot Matrix

Dot matrix adalah jenis printer yang paling lawas dan sering digunakan untuk mencetak faktur atau nota di toko retail.

Printer jenis ini menggunakan prinsip pukulan pada pita tinta untuk membentuk karakter di kertas.

InkJet

Inkjet mencetak dengan cara menyemprotkan tinta cair ke kertas.

Keunggulan dari printer ini adalah kualitas warna yang dihasilkan cukup baik.

Cocok digunakan untuk mencetak dokumen yang memerlukan banyak warna seperti brosur atau foto.

Printer Label

Printer ini digunakan untuk mencetak label. Sesuai dengan namanya, printer ini biasa digunakan dalam industri yang membutuhkan pencetakan label seperti industri makanan dan minuman.

Printer Thermal

Printer thermal mencetak dengan menggunakan panas. Biasa digunakan untuk mencetak struk pembayaran seperti di kasir supermarket atau toko.

Printer 3D

Printer yang relatif baru di dunia percetakan. Printer 3D mencetak dengan cara menumpuk lapisan bahan sehingga membentuk sebuah objek 3 dimensi.

Cara Kerja Printer

Cara kerja printer pada dasarnya adalah menerima perintah dari komputer, di mana data yang akan dicetak dikirim ke printer.

Data itu kemudian diinterpretasikan oleh printer dan dicetak sesuai dengan perintah tersebut.

Tentunya, cara kerja setiap jenis printer berbeda-beda tergantung pada teknologi yang digunakan.

Sementara itu, baik dot matrix, inkjet, laserjet, label, thermal, atau 3D semua memiliki prosedur yang kurang lebih sama yakni data diproses oleh komputer, dikirim ke printer, dan dicetak sesuai kebutuhan.

Bagian-Bagian Printer

Untuk lebih memahami bagaimana printer bekerja dan berfungsi, sangat penting bagi kita untuk mengenal bagian-bagian yang ada pada printer.

Berikut ini adalah beberapa bagian utama yang terdapat pada sebagian besar printer, beserta fungsinya masing-masing.

Cartridge

Cartridge merupakan komponen yang bertugas untuk menyimpan tinta dan terhubung langsung dengan head printer.

Cartridge memiliki beberapa warna tinta yang berbeda, umumnya terdiri atas tinta hitam, cyan, magenta, dan kuning.

Home Cartridge

Home cartridge adalah bagian yang menjadi tempat beristirahatnya cartridge ketika printer sedang tidak digunakan.

Home cartridge berfungsi untuk melindungi head dan cartridge dari debu dan kotoran yang bisa menyebabkan masalah pada printer.

Head

Head adalah bagian yang paling penting dalam printer karena bertanggung jawab dalam mencetak dokumen atau gambar.

Pada printer inkjet, head berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke atas kertas melalui lubang-lubang kecil yang ada pada head, sedangkan pada printer laser, head berfungsi untuk menghantarkan toner ke drum dan selanjutnya ke kertas.

Chip

Chip adalah bagian printer yang berfungsi untuk mengendalikan pengoperasian printer, termasuk pengaturan kecepatan mencetak, jumlah tinta yang digunakan, serta fungsi-fungsi lainnya.

Ink Tank

Ink tank adalah tempat penyimpanan tinta di luar cartridge. Ink tank umumnya digunakan pada printer inkjet yang menggunakan sistem continuous ink supply system (CISS).

Sistem ini mampu menyimpan tinta lebih banyak dibandingkan cartridge biasa, sehingga pengguna tidak perlu sering mengganti cartridge.

Selang Tinta

Selang tinta adalah komponen yang menghubungkan ink tank dengan cartridge pada printer yang menggunakan continuous ink supply system (CISS).

Melalui selang inilah tinta disalurkan dan dibawa ke cartridge, kemudian ke head untuk proses mencetak dokumen atau gambar.

Roll

Roll adalah bagian printer yang berfungsi untuk membantu pengumpanan kertas ke dalam printer saat mencetak berlangsung.

Roll ini terdiri dari beberapa roller yang berputar, membantu menggerakkan kertas saat cetak dan mencegah kesalahan seperti kertas macet, kemacetan tinta, atau masalah terkait lainnya.

Timing Belt

Timing belt adalah bagian printer yang menghubungkan dan mengontrol pergerakan carriage assembly, yang terdiri dari head, cartridge, dan motor penarik kertas.

Melalui timing belt, carriage assembly dapat bergerak secara horizontal dan vertikal sesuai dengan data yang dikirim dari komputer kepada printer.

Sensor Roll

Sensor roll adalah bagian yang berfungsi untuk mendeteksi posisi kertas saat masuk ke dalam printer.

Sensor ini akan mengirimkan sinyal ke chip untuk mengontrol pergerakan roll, sehingga kertas dapat masuk dengan lancar dan proses cetak berjalan dengan baik.

Tinta

Tinta adalah material yang digunakan oleh printer untuk mencetak dokumen atau gambar.

Tinta pada printer terdiri dari berbagai jenis, seperti tinta dye-based, pigmented, dan tinta dengan berbagai karakteristik lainnya.

Penutup

Demikianlah pengertian printer, sejarah, fungsi, jenis, cara kerja bagian-bagiannya.

Dengan mengetahui hal ini, semoga Anda dapat memahami lebih dalam tentang printer, salah satu perangkat yang telah membantu banyak sektor industri.

Tinggalkan komentar