Pengertian Mouse Komputer: Fungsi dan Jenis-jenisnya

Dalam era digital ini, penggunaan mouse komputer menjadi hal yang biasa dalam kegiatan sehari-hari kita. Mouse komputer memiliki peran penting sebagai media perantara antara pengguna dengan komputer.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai pengertian, fungsi dan jenis-jenis mouse komputer yang umum digunakan.

Pengertian Mouse Komputer

Mouse komputer adalah perangkat keras di komputer yang digunakan sebagai alat input. Ditemukan dan diperkenalkan pertama kali oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963.

Mouse ini berfungsi untuk memilih, membuka, memindahkan, dan menutup suatu ikon atau program dalam sistem operasi komputer.

Dalam bentuknya yang paling dasar, salah satu contoh Hardware ini terbuat dari sebuah kotak plastik kecil yang bisa dipegang oleh satu tangan pengguna dan memiliki satu atau lebih tombol di atasnya.

Di bagian bawah terdapat sensor yang bisa mendeteksi pergerakan mouse saat digeser di atas permukaan datar.

Sejarah Singkat Mouse Komputer

Mouse komputer pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963 oleh seorang insinyur berkebangsaan Amerika bernama Douglas Engelbart.

Dia memperkenalkannnya dalam sebuah konferensi komputer di San Fransisco yang dikenal sebagai “Mother of All Demos”.

Konsepnya dibuat berdasarkan ide Engelbart yang ingin menciptakan alat yang dapat membuat interaksi antara manusia dan komputer lebih efisien.

Kala itu, mouse komputer buatan Engelbart terbuat dari kayu dan memiliki satu tombol saja. Bagian bawah mouse ini berisi dua roda kecil yang dapat berputar secara independen.

Ketika mouse ini digerakan, roda tersebut akan bergerak dan merubah gerakan tangan pengguna menjadi input digital. Konsep ini kemudian menjadi dasar dari mouse-mouse modern yang kita kenal saat ini.

Dari bentuk dan fungsi yang sederhana, mouse bertransformasi menjadi perangkat yang sangat penting dan kompleks.

Dalam perjalanannya, mouse telah mengalami banyak sekali inovasi, mulai dari pengenalan mouse dengan lebih dari satu tombol oleh Xerox pada tahun 1973, hingga pengenalan mouse optik oleh Microsoft pada tahun 1999.

Penemuan mouse optik adalah terobosan yang sangat penting dalam sejarah mouse komputer. Dengan teknologi optik, mouse mampu menghasilkan gerakan yang lebih tepat dan presisi.

Mouse optik ini memanfaatkan sensor yang bisa mendeteksi pergerakan pada berbagai permukaan, sehingga bisa digunakan tanpa mousepad.

Fakta Seputar Mouse Komputer

Dibalik kemudahan penggunaannya, mouse komputer memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui.

Pertama, tahukah Anda bahwa nama “mouse” ini sebenarnya berasal dari bentuk peralatan itu sendiri yang menyerupai tikus ketika pertama kali dibuat dengan kabel yang keluar dari belakangnya layaknya ekor tikus? Itulah sebabnya, perangkat ini dinamakan “mouse” atau tikus dalam bahasa Inggris.

Elemen lain yang menjadi fakta menarik adalah konsep multi-tombol yang ada pada mouse saat ini. Ternyata, Microsoft bukanlah perusahaan pertama yang mengenalkan fungsi multi-tombol ini.

Fungsi tersebut sebenarnya sudah ada sejak mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart, namun karena menggunakan sistem operasi DOS yang tidak mendukung multi-tomboling, maka konsep tersebut tidak sempat dipopulerkan.

Fakta lainnya, mouse komputer modern, terutama yang wireless, biasanya memiliki led indikator level baterai. Menariknya, meski indikator tersebut menunjukkan bahwa baterai mouse sudah lemah, kenyataannya mouse masih dapat digunakan dalam beberapa hari bahkan minggu.

Ini karena para produsen mouse sengaja merancang indikator tersebut sebagai tanda bahwa pengguna harus bersiap untuk mengganti baterai, bukan berarti mouse tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Fungsi Mouse Komputer

Tentunya dibuat bukan tanpa alasan dan memiliki fungsi untuk membantu memudahkan pengguna. Yaitu:

Menginput Perintah Ke PC

Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai media untuk menginput perintah ke komputer. Pengguna bisa menunjuk, mengklik, dan menyeret objek pada layar monitor untuk melaksanakan perintah tertentu.

Misalnya, ketika pengguna ingin membuka program atau aplikasi, pengguna bisa mengarahkan pointer pada ikon program tersebut dan mengkliknya.

Penggerak Pointer

Kemudian juga berfungsi sebagai penggerak pointer atau kursor pada layar monitor. Saat mouse digerakkan, kursor di layar monitor juga akan bergerak mengikuti pergerakan mouse.

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengarahkan kursor pada objek yang diinginkan.

Scrolling Layar

Pada desainnya terdapat penggerak yang berfungsi untuk melakukan scrolling pada layar monitor. Biasanya digunakan saat membaca atau berselancar di internet.

Memilih, Drag, dan Drop

Dengan mouse, pengguna bisa dengan mudah memilih, menyeret (drag), dan melepaskan (drop) suatu objek. Fungsi drag dan drop ini sangat membantu dalam mengorganisasi file dan folder dalam komputer.

Contohnya, pengguna bisa memilih beberapa file sekaligus dan memindahkannya ke folder lain dengan mudah.

Mendeteksi Gerakan 2 Dimensi Secara Relatif

Mouse komputer dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi gerakan two-dimensional secara relatif. Artinya, mouse dapat mendeteksi dan menerjemahkan gerakan pengguna ke dalam gerakan kursor di layar komputer.

Mengaktifkan Command Button

Selain itu, mouse juga digunakan untuk mengaktifkan command button atau tombol perintah dalam suatu program atau aplikasi. Misalnya, pengguna bisa mengklik tombol “Save” atau “Submit” dalam suatu form dengan menggunakan mouse.

Memperbesar/Memperkecil Tampilan Worksheet

Dalam menggunakan program seperti Microsoft Excel atau Google Sheets, mouse bisa digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan worksheet. Fungsi ini sangat berguna untuk melihat data dalam skala yang lebih besar atau lebih kecil.

Konversi dan Instruksi

Mouse juga berfungsi untuk melakukan konversi dan instruksi yang berisi perintah untuk sistem operasi komputer.

Jadi, saat pengguna melakukan klik atau gerakan tertentu pada mouse, sistem operasi akan menerima instruksi dan melakukan aksi yang sesuai.

Jenis-Jenis Mouse Komputer

Dalam perkembangannya telah melalui banyak perubahan. Berikut beberapa diantaranya yang paling umum digunakan di masa kini.

Mouse Serial

Mouse serial adalah jenis mouse yang koneksi datanya disalurkan melalui port serial yang ada pada komputer.

Jenis mouse ini sekarang sudah jarang digunakan dan telah banyak digantikan oleh jenis mouse lain yang lebih modern.

Mouse PS2

Mouse PS2 adalah jenis mouse yang menggunakan konektor PS2 untuk menghubungkan mouse dengan komputer.

Mouse jenis ini juga sudah mulai jarang digunakan dan sering digantikan oleh mouse USB atau mouse nirkabel.

Mouse USB

Merupakan yang paling umum digunakan saat ini. Mouse ini menggunakan konektor USB untuk berkomunikasi dengan komputer.

Mouse USB menawarkan kinerja tinggi dan fleksibilitas, karena hampir semua komputer modern memiliki port USB.

Mouse Nirkabel

Mouse nirkabel adalah mouse yang tidak memerlukan kabel untuk terhubung ke komputer. Mouse ini umumnya menggunakan teknologi Bluetooth atau RF (Radio Frequency) untuk berkomunikasi dengan komputer.

Mouse nirkabel menawarkan kebebasan bergerak dan kemudahan penggunaan, terutama untuk pengguna laptop yang sering berpindah-pindah tempat.

Mouse Gaming

Mouse gaming adalah mouse yang didesain khusus untuk kebutuhan gaming. Mouse ini umumnya memiliki fitur-fitur tambahan seperti tombol ekstra, DPI tinggi, dan pencahayaan LED.

Mouse gaming juga biasanya memiliki desain yang ergonomis untuk kenyamanan pengguna dalam waktu bermain yang lama.

Dan lain-lain

Selain jenis-jenis di atas, masih ada banyak jenis mouse dengan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari pengguna komputer.

Dalam memilih mouse, pengguna harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensinya. Pilihlah mouse yang nyaman digunakan, memiliki fungsi yang sesuai dengan kebutuhan, dan cocok dengan budget yang dimiliki.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang pengertian, fungsi dan jenis-jenis mouse komputer. Selamat membaca dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar