Pengertian Keyboard: Fungsi, Susunan dan Jenis-Jenisnya

Tentunya keyboard telah menjadi salah satu perangkat yang sangat penting. Penggunaan keyboard dapat ditemukan pada berbagai macam perangkat digital seperti komputer, laptop, bahkan tablet dan smartphone.

Tanpa keyboard, kita akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas di dunia maya.

Namun, apakah kita sudah benar-benar mengenal apa itu pengertian keyboard, fungsi-fungsinya, serta susunan dan jenis-jenisnya?

Mari kita simak ulasannya dalam artikel ini, solusipc.com untuk lebih memahami perangkat keras yang satu ini.

Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan input hardware yang digunakan untuk memasukkan data, baik berupa huruf, angka, maupun karakter khusus lainnya, ke dalam komputer atau perangkat digital lainnya.

Keyboard memiliki bentuk fisik berupa papan dengan berbagai tombol yang ditekan untuk menghasilkan karakter yang diinginkan.

Secara umum, keyboard dirancang dengan susunan tombol dan tampilan yang hampir sama, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pengetikan.

Awal mula penggunaan keyboard seiring dengan perkembangan komputer pada tahun 1960-an. Saat itu, keyboard masih berbentuk sederhana dan hanya memiliki beberapa tombol.

Namun, seiring berjalannya waktu, keyboard mengalami berbagai inovasi dan penambahan fitur, sehingga berhasil menjadi perangkat yang sangat penting dan multifungsi dalam mendukung kegiatan pengguna perangkat digital seperti sekarang.

Fungsi Keyboard

Secara garis besarnya digunakan untuk mengetik, Namun selain itu juga terdapat berbagai fungsi keyboard yang lainnya. Berikut ulasannya:

Input Data (Mengetik)

Fungsi utama dari sebuah keyboard adalah sebagai alat input data. Ketika kita mengetikkan huruf, angka, atau karakter khusus pada keyboard, maka karakter tersebut akan muncul di layar perangkat yang kita gunakan.

Tanpa adanya keyboard, kita akan kesulitan untuk menyampaikan informasi atau berkomunikasi melalui perangkat digital. Selain itu, pengetikan juga menjadi lebih efisien dan cepat dengan adanya keyboard.

Fungsi mengetik ini sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pekerjaan, pendidikan, hingga kegiatan sosial sehari-hari.

Dengan kemampuannya untuk menginput data dengan cepat dan efisien, keyboard menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Mengirimkan Instruksi ke CPU

Fungsi keyboard selanjutnya adalah mengirimkan instruksi ke CPU (Central Processing Unit) atau unit pemroses pusat di dalam komputer.

Ketika kita menekan tombol keyboard, informasi akan dikirimkan ke CPU yang menjalankan perintah sesuai dengan tombol yang ditekan.

CPU kemudian akan memproses perintah tersebut dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh perangkat elektronik lainnya.

Proses ini terjadi sangat cepat sehingga kita bisa melihat hasil dari pengoperasian keyboard hampir secara langsung.

Menjalankan Program di PC

Keyboard juga berfungsi untuk menjalankan berbagai program di perangkat komputer.

Dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu, kita bisa membuka, menutup, atau mengoperasikan berbagai aplikasi dengan mudah dan cepat.

Contohnya, kita bisa membuka Task Manager pada komputer dengan menekan kombinasi tombol CTRL + Shift + Esc, atau melakukan copy-paste dengan menggabungkan tombol CTRL dan C untuk menggandakan teks, serta tombol CTRL dan V untuk menempelkan teks tersebut ke lokasi yang diinginkan.

Fungsi ini sangat membantu dalam mempercepat proses pengoperasian perangkat komputer.

Pengganti Mouse

Keyboard juga dapat berfungsi sebagai pengganti mouse, khususnya untuk menjalankan operasi-operasi dasar.

Penggunaan tombol arah pada keyboard memungkinkan kita untuk berpindah antar elemen pada tampilan layar.

Selain itu, beberapa pengguna juga lebih memilih menggunakan keyboard daripada mouse, karena lebih efisien dan praktis.

Susunan Keyboard

Susunan keyboard di desain dengan sedemikian rupa guna memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Tombol Utama

Tombol utama pada keyboard terdiri dari huruf alfabet (A-Z), angka (0-9), serta spasi dan tombol Enter. Tombol-tombol ini menjadi komponen dasar dalam menginput data menggunakan keyboard.

Susunan tombol alfabet pada keyboard disebut dengan QWERTY, berdasarkan susunan huruf pada baris pertama pada sebagian besar keyboard.

Tombol Khusus

Tombol khusus pada keyboard mencakup Shift, Ctrl, Alt, dan Caps Lock, serta tombol khusus lainnya yang memiliki fungsi tertentu.

Penggunaan tombol khusus ini biasanya digunakan bersama dengan tombol utama untuk menghasilkan karakter atau perintah yang berbeda.

Misalnya, tombol Shift digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar, atau menghasilkan karakter khusus yang ada di atas tombol angka.

Sedangkan tombol Caps Lock digunakan untuk mengaktifkan input huruf besar secara berkelanjutan.

Tombol Penomoran

Tombol penomoran atau numeric keypad biasanya terletak di sebelah kanan keyboard.

Keberadaan tombol ini memudahkan pengguna dalam memasukkan angka dengan lebih cepat, terutama untuk kegiatan yang banyak melibatkan angka, seperti akuntansi dan keuangan.

Tombol penomoran ini juga sering dilengkapi dengan beberapa tombol fungsi, seperti tombol Enter tambahan, serta tombol arithmetika (+, -, *, /) untuk memudahkan pengguna dalam melakukan operasi matematika.

Tombol FN (Fungsi)

Pada beberapa tipe keyboard, terutama pada laptop, terdapat tombol Fn atau fungsi.

Dengan menekan tombol Fn dan tombol lain secara bersamaan, kita bisa mengakses fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia pada tipe keyboard biasa.

Biasanya, fitur ini mencakup pengaturan volume, kecerahan layar, serta beberapa fitur khusus lainnya.

Tombol Arah

Tombol arah terdiri dari empat tombol yang mengarah ke atas, bawah, kanan, dan kiri.

Fungsi utama dari tombol ini adalah sebagai navigasi, baik pada teks, tampilan layar, maupun dalam menjalankan berbagai aplikasi. Tombol arah juga dikenal dengan sebutan arrow keys.

Jenis-Jenis Keyboard

Ada beberapa jenis keyboard yang umum digunakan saat ini, berikut masing-masing penjelasan beserta kelibahan dan kekurangannya:

Keyboard Kabel

Keyboard ini menggunakan koneksi kabel untuk terhubung dengan perangkat yang digunakan. Kelebihan keyboard jenis ini antara lain harganya yang lebih terjangkau dan tidak memerlukan baterai.

Kekurangannya, kabel yang ada bisa mengurangi fleksibilitas penggunaan serta menghasilkan kabel berantakan di meja kerja.

Keyboard Nirkabel (wireless)

Keyboard ini menggunakan teknologi Bluetooth atau radio frequency (RF) untuk terhubung dengan perangkat yang digunakan.

Kelebihan jenis keyboard ini adalah fleksibilitas penggunaan yang lebih tinggi, serta tampilan meja kerja yang lebih rapi tanpa kabel.

Kekurangannya, keyboard nirkabel umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dan memerlukan baterai.

Keyboard Mekanik

Keyboard ini menggunakan mekanisme switch mekanis di bawah setiap tombol, yang memberikan umpan balik (feedback) dan jarak penekanan tombol yang lebih baik.

Keyboard mekanik sangat disukai oleh para gamer dan pengetik profesional, karena lebih responsif dan tahan lama.

Namun, keyboard mekanik memiliki harga yang lebih mahal dan lebih berat dibandingkan keyboard non-mekanik.

Keyboard Virtual

Keyboard ini tidak memiliki bentuk fisik, melainkan tampil pada layar sentuh perangkat yang digunakan, seperti tablet dan smartphone.

Kelebihan keyboard virtual adalah kemudahan dalam pemakaian, serta tidak memerlukan perangkat tambahan.

Kekurangannya, kecepatan dan akurasi pengetikan umumnya lebih rendah dibandingkan dengan keyboard fisik.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai pengertian keyboard, fungsi, susunan dan jenis-jenisnya.

Semoga artikel ini dapat membantu kita semua lebih memahami perangkat keyboard yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tinggalkan komentar