Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi

Mengetahui cara merekam layar laptop atau screen recorder windows tentunya sangat berguna, baik untuk keperluan belajar, tutorial, hingga presentasi.

Di era digital saat ini, Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara melakukannya karena terdapat beragam metode yang dapat Anda pilih.

Mulai dari yang menggunakan aplikasi tambahan hingga tanpa aplikasi sama sekali.

Menemui poin penting dalam pertemuan online atau menemukan segmen video yang menarik saat menonton film, dapat menuntut kita untuk mengambil rekaman layar laptop.

Perekaman layar memungkinkan kita untuk membagi momen tersebut atau mengulasnya lagi nanti.

3 Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagi Anda yang membutuhkan solusi cepat dan tidak ingin mendownload aplikasi tambahan, Anda bisa memanfaatkan fitur bawaan dari Windows.

1. Menggunakan Shortcut Windows + ALT + R

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi
GameBar Windows – Digitional.com

Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam bagaimana cara menggunakan tombol shortcut ini, penting untuk memahami apa itu.

Tombol shortcut Windows + ALT + R adalah sekelompok tombol di keyboard yang saat dipencet bersamaan, mengaktifkan fungsi perekaman layar di laptop Windows.

Mereka membuka jalan bagi Anda untuk merekam video layar Anda dengan mudah dan cepat.

Tombol ini adalah bagian dari shortcut yang ditawarkan oleh Windows. Microsoft telah menciptakan serangkaian pintasan ini untuk memfasilitasi tugas harian penggunanya dan meningkatkan produktivitas.

Tombol pintasan ini adalah solusi sempurna, terutama untuk mereka yang sering perlu merekam layar mereka untuk berbagai keperluan seperti tutorial online, presentasi, dan lainnya.

Melakukan screen recorder laptop Anda dengan tombol Windows + ALT + R sangat sederhana dan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk cara merekam layar laptop:

Siapkan tampilan layar yang ingin Anda rekam. Bisa berupa pengaturan atau aplikasi apa pun yang terbuka di layar Anda.

Tekan tombol Windows + ALT + R bersamaan pada keyboard laptop Anda. Anda akan melihat indikator perekaman muncul di layar Anda, yang berarti proses perekaman telah dimulai.

Setelah Anda selesai dengan perekaman Anda, tekan tombol Windows + ALT + R lagi untuk menghentikan perekaman. Sekarang video akan tersimpan secara otomatis dengan format MP4 pada perangkat.

Sepanjang proses ini, perlu diingat bahwa ada batasan waktu perekaman layar, yang berarti Anda hanya dapat merekam hingga 2 jam sekali jalan.

Jika Anda ingin merekam lebih lama, Anda perlu memulai proses perekaman lagi.

Penting untuk mengetahui bahwa file video akan disimpan di folder file video Anda dalam folder Captures di bawah This PC.

Pada akhirnya, penggunaan tombol shortcut Windows + ALT + R menjadikan proses perekaman layar menjadi sangat mudah dan terjangkau.

Dengan hanya beberapa klik, Anda dapat memiliki video layar Anda sendiri tanpa perlu berurusan dengan perangkat keras tambahan atau mengunduh software pihak ketiga.

2. Menggunakan Shortcut WIN+ G

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi
Gamebar Windows via Polygon.com

Fitur tombol shortcut Win+G adalah sebuah fungsi khusus pada sistem operasi Windows 10 yang sering disebut dengan istilah “Game Bar.”

Adapun fungsi ini secara umum adalah untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas di laptop, salah satunya adalah merekam layar.

Tombol shortcut ini berisi berbagai tombol kontrol yang ditampilkan di layar yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil screenshot, merekam video, dan melakukan berbagai fungsi lainnya secara langsung tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan.

Digunakan tidak hanya dalam konteks permainan, shortcut ini juga berguna untuk aktivitas profesional lain.

Misalnya, untuk pembuat tutorial, tombol ini dapat digunakan untuk merekam langkah-langkah dalam proses tutorial.

Bagi pekerja kreatif, tombol ini juga bisa membantu dalam merekam proses kerja mereka untuk diberikan ke klien atau sebagai portofolio.

Pertama-tama, Anda wajib memastikan bahwa fitur tombol shortcut ini sudah aktif pada laptop Anda. Caranya, pergi ke bagian settings atau pengaturan, kemudian pilih option ‘gaming’.

Dalam opsi tersebut, pastikan bahwa fungsi ‘Game Bar’ sudah diaktifkan. Jika belum, Anda dapat mengaktifkannya dengan menggeser tombol yang ada.

Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi atau halaman yang ingin Anda rekam.

Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa tombol shortcut Win+G ini tidak berfungsi di desktop atau file explorer, tapi hanya pada aplikasi atau program yang sedang berjalan.

Setelah aplikasi atau program yang ingin direkam berjalan, cukup tekan tombol Win+G pada keyboard laptop Anda.

Maka, akan muncul pop up Game Bar dengan berbagai tombol kontrol. Anda tinggal memilih tombol berbentuk lingkaran, yang berarti merekam.

Jika tombol tersebut ditekan, proses perekaman akan dimulai secara otomatis.

Proses perekaman akan berjalan selama Anda membiarkannya. Jika Anda ingin berhenti merekam, cukup tekan lagi tombol rekam (yang sekarang berubah menjadi tombol berhenti) di Game Bar, atau Anda bisa juga menekan shortcut Win+Alt+R.

Video hasil rekaman akan otomatis disimpan dalam folder ‘captures’ di dalam direktori ‘Videos’ Anda.

Dengan fitur ini, diharapkan proses perekaman layar dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Selamat mencoba!

3. Menggunakan Ekstensi Chrome

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengabadikan kegiatan yang Anda lakukan pada layar laptop, salah satunya adalah dengan menggunakan ekstensi Chrome yang bernama Screencastify.

Screencastify adalah sebuah ekstensi peramban Google Chrome yang memungkinkan pengguna untuk merekam layar mereka dengan mudah dan cepat.

Dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang mungkin lebih kompleks, Screencastify memiliki fitur dan fungsi yang sederhana serta mudah digunakan.

Selain itu, ekstensi ini menjadi salah satu aplikasi perekam layar yang paling populer di dunia karena kecepatan, kemudahan, serta kemampuannya untuk menyesuaikan output video sesuai kebutuhan pengguna.

Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mulai menggunakan aplikasi Screencastify untuk merekam layar laptop Anda.

Ekstensi ini menawarkan fitur yang mumpuni, seperti merekam layar penuh, mengambil konten dari webcam, dan juga menangkap suara dari mikrofon.

Selain itu, Screencastify melengkapi output videonya dengan berbagai format, seperti WebM, MP4, dan GIF yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Saat Anda menggunaka Screencastify, merekam layar laptop akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu mempelajari aplikasi perekam layar yang lebih kompleks jika tujuan Anda hanyalah merekam layar dengan cara yang sederhana dan cepat.

Dibantu dengan berbagai fitur mumpuni yang disajikan, Screencastify memudahkan Anda dalam membuat video berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda memahami cara merekam layar laptop Windows menggunakan ekstensi Chrome Screencastify:

a. Instalasi Screencastify

Sebelum menggunakan ekstensi Screencastify, Anda harus menginstall ekstensi tersebut pada Google Chrome.

Silahkan kunjungi Chrome Web Store dan cari “Screencastify” pada kolom pencarian.

Setelah itu, klik “Add to Chrome” untuk menginstall ekstensi dan ikuti instruksi yang ada.

b. Pengaturan Awal

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat ikon Screencastify di sebelah kanan atas pada Google Chrome.

Klik ikon untuk menampilkan menu, lalu klik “Sign in with Google” untuk log in menggunakan akun Google Anda.

Kemudian, izinkan Screencastify untuk mengakses akun Anda dengan mengikuti instruksi yang ada.

Setelah proses log in berhasil, kembali ke ikon Screencastify dan buka tab “Settings” untuk mengatur output video serta beberapa pengaturan lainnya, seperti kualitas video, pengaturan mikrofon, dan juga lokasi penyimpanan.

Sesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

c. Memulai Rekaman Layar

Untuk mulai merekam layar laptop, klik ikon Screencastify dan pilih opsi “Record.” Anda akan diberikan pilihan untuk merekam layar penuh, hanya jendela aplikasi, atau bahkan sumber webcam.

Pilih sesuai kebutuhan Anda, lalu klik “Start Recording” untuk memulai proses rekaman.

Saat rekaman sedang berjalan, Anda akan melihat waktu rekaman di sebelah kanan atas layar.

Anda juga bisa memberhentikan rekaman dengan menekan ikon Screencastify dan memilih “Stop Recording.”

d. Mengedit dan Menyimpan Video

Setelah selesai merekam, layar video editor Screencastify akan muncul. Di sini Anda bisa memotong video, menambahkan teks, atau melakukan beberapa editan sederhana lainnya.

Setelah selesai melakukan pengeditan, Anda bisa menyimpan video dengan memilih “Export.”

Screencastify menyediakan opsi untuk menyimpan video di berbagai tempat, seperti Google Drive, YouTube, atau bahkan hanya di lokal komputer Anda dalam format yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Cara Merekam Layar Laptop Windows Dengan Aplikasi Tambahan

Bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak fitur dalam merekam layar laptop, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan penggunaan aplikasi screen recorder laptop windows tambahan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar laptop yang bisa Anda coba gunakan.

1. Aplikasi OBS Studio

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi

OBS Studio adalah salah satu aplikasi aplikasi screen recorder windows yang paling populer, terutama bagi para streamer dan content creator. Aplikasi ini digemari karena fitur-fiturnya yang lengkap dan gratis.

Anda bisa mendownload aplikasi OBS Studio melalui website resmi mereka. Setelah terinstall, Anda bisa langsung melakukan pengaturan untuk merekam layar.

Anda dapat memilih mode perekaman, kualitas video, dan lokasi penyimpanan file. Selain itu, OBS Studio juga menawarkan fitur live streaming jika Anda membutuhkannya.

2. Aplikasi Bandicam

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi

Bandicam juga merupakan pilihan yang baik untuk aplikasi perekam layar laptop. Aplikasi ini menawarkan fitur yang tidak kalah lengkap dari OBS Studio dan user-friendly.

Untuk mulai menggunakan Bandicam, Anda perlu mengunduh dan melakukan instalasi terlebih dahulu. Aplikasi ini menawarkan tiga mode perekaman yaitu mode layar penuh, mode area tertentu, dan mode game.

Anda juga bisa menentukan kualitas video hasil rekaman dan opsi lainnya sesuai kebutuhan saat mengoperasikan aplikasi screen recorder windows ini.

3. Aplikasi Camtasia

Cara Merekam Layar Laptop Windows Tanpa dan Dengan Aplikasi

Camtasia adalah aplikasi perekam layar premium dengan alat pengeditan video yang kuat.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan rekaman layar dan webcam, menambahkan anotasi, efek, dan transisi, dan mendapatkan output akhir yang sangat profesional.

Dengan berbagai aplikasi screen recorder windows yang tersedia, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti fitur yang ditawarkan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas dengan sistem operasi Anda, dan harga, jika ada.

Penutup

Itulah beberapa untuk cara merekam layar laptop Anda, baik dengan maupun tanpa aplikasi screen recorder windows tambahan.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda mencari metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar