Cara Mengganti Nama Administrator di Windows 10/11

Cara mengganti nama Administrator komputer

Seperti yang sudah kita ketahui, di Windows 10 terdapat istilah local account. Ini adalah pengaturan akun yang memungkinkan kita bisa sign-in di komputer atau laptop kita sendiri.

Salah satu langkah yang mudah dan menyenangkan adalah dengan mengubah nama administrator. Dalam artikel ini, solusipc.com akan membahas secara terperinci bagaimana cara mengganti nama Administrator di Windows 10/11 dengan cepat dan mudah.

Mengapa Mengubah Nama Administrator Penting?

Sebelum kita masuk ke prosesnya, ada baiknya kita mengerti mengapa penting untuk memiliki nama administrator yang sesuai dengan preferensi Anda. Nama administrator di Windows adalah identitas utama Anda di dalam sistem operasi tersebut. Dengan memiliki nama yang personal, Anda bisa merasa lebih dekat dengan perangkat Anda dan membuatnya lebih terasa milik Anda.

Di Windows 10, terdapat fitur yang dikenal sebagai akun lokal. Ini merupakan pengaturan akun yang memungkinkan pengguna untuk melakukan sign-in pada komputer atau laptop mereka sendiri.

Keberadaan akun lokal ini memiliki manfaat yang cukup beragam. Salah satunya adalah:

  1. Memberikan nama pada perangkat komputer.
  2. Mengatur akses tertentu pada sistem.
  3. Menetapkan kata sandi untuk keamanan.

Secara keseluruhan, akun lokal ini memberikan kemudahan dalam berbagai aspek penggunaan perangkat. Pengaturan ini biasanya muncul pada tahap awal setelah pengguna melakukan instalasi sistem operasi Windows. Namun, bagi yang ingin mengubah nama akun lokal mereka, juga memungkinkan untuk dilakukan.

Bagaimana cara melakukannya? berikut ini Tutorial langkah demi langkah cara mengganti nama Administrator di Windows 10/11 akan dibahas dalam artikel ini khusus untuk mereka yang belum memahaminya.

Panduan Mengganti Nama Administrator di Windows 10/11

Mengubah nama akun pada komputer berbasis Windows 10 ternyata cukup mudah dilakukan. Secara umum, ada dua metode yang bisa digunakan:

Melalui Control Panel

Metode pertama mengganti nama Administrator di Windows 10/11 adalah melalui Control Panel. Dengan menggunakan Control Panel, pengguna dapat dengan mudah mengganti nama akun yang telah diatur sejak awal penggunaan komputer.

Metode ini sudah menjadi standar untuk mengubah nama akun sejak jaman Windows XP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka kolom pencarian dan ketik “Control Panel”.

Langkah 2: Buka Control Panel.

Langkah 3: Pilih menu “User Account”.

Langkah 4: Klik kembali menu “User Account”.

Langkah 5: Di halaman berikutnya, klik tombol “Change your account name”.

Langkah 6: Isi kolom “New account name” dan klik tombol “Change Name”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, nama akun administrator di Windows 10 Anda seharusnya sudah terganti. Sebaiknya, lakukan restart setelah melakukan perubahan ini.

Penting untuk diingat, jika akun Anda menggunakan kata sandi, mungkin akan ada notifikasi konfirmasi yang meminta Anda untuk memasukkan kata sandi terlebih dahulu sebelum perubahan nama akun dapat disimpan.

Dengan mengikuti metode ini, Anda dapat dengan mudah mengganti nama Administrator di Windows 10/11 sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk melakukan restart agar perubahan tersebut sepenuhnya diterapkan pada sistem komputer Anda.

Mengganti Nama Administrator Di Windows 10/11 Melalui Akun Microsoft

Di Windows 10, terdapat sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan akun Microsoft pada komputer mereka. Berbeda dengan beberapa versi Windows sebelumnya, fitur ini memungkinkan beragam fungsi yang terkait dengan kebutuhan pengguna seperti email, browser, dan pengaturan lainnya.

Jika Anda menggunakan akun Microsoft, langkah-langkah untuk mengganti nama Administrator di Windows 10/11 akunnya sedikit berbeda dari metode sebelumnya. Berikut adalah panduannya:

Buka Halaman Utama Microsoft.com dan Masuk ke Akun

Langkah 1: Buka halaman utama Microsoft.com dan klik tombol “Masuk”.

Langkah 2: Isi alamat email atau nomor telepon yang digunakan di akun Microsoft Anda dan login seperti biasa.

Edit Profil Akun Microsoft

Langkah 3: Setelah login, klik “Akun Microsoft saya” di bagian kanan atas.

Langkah 4: Di halaman profil situs Microsoft, pilih menu “Edit profile”.

Langkah 5: Klik tombol “Edit Name” dan isi nama baru sesuai keinginan Anda.

Langkah 6: Isi kode chaptcha yang diminta, lalu klik “Save”.

Sinkronisasi Akun

Setelah melakukan perubahan nama, langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi ulang. Caranya cukup dengan me-restart Windows 10 seperti biasa. Setelah proses restart selesai, akun Anda akan tersinkronisasi secara otomatis dengan perubahan nama yang baru.

Itulah tadi tutorial tentang bagaimana Cara Mengganti Nama Administrator di Windows 10/11 yang dapat dilakukan dengan mudah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar