Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Tanpa Aplikasi

Niatnya hanya menghapus file tidak digunakan, namun tanpa sadar file-file penting pun ikut terhapus. Situasi ini pasti membuat kita panik dan bingung, tapi jangan khawatir.

Seperti yang dilansir oleh microsoft, Ada 4 cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yang bisa dilakukan.

Artikel ini akan menjelaskan panduannya secara detail. Jadi, silahkan ikuti salah satu metode yang solusipc.com berikan dengan seksama ya!!

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

1. Melalui Recycle Bin

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Recycle Bin adalah tempat di sistem operasi Windows yang digunakan untuk menyimpan file atau folder yang telah dihapus oleh pengguna.

Recycle Bin melindungi Anda dari hilangnya data akibat penghapusan file atau folder secara tidak sengaja.

Meski terhapus, file atau folder tersebut belum benar-benar hilang dari sistem Anda. Sebenarnya, Windows hanya menghapus referensi ke file tersebut dari sistem file.

Hal ini memungkinkan Recycle Bin untuk mengembalikan file atau folder yang dihapus kembali ke lokasi semula.

Namun, kapasitas Recycle Bin bukanlah tanpa batas. Jika Recycle Bin penuh, Windows akan mulai menghapus file atau folder tertua yang ada di dalamnya untuk memberikan ruang bagi file atau folder yang baru dihapus.

Untuk cara mengembalikan file yang terhapus di laptop melalui Recycle Bin, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Recycle Bin dengan cara klik dua kali pada ikon Recycle Bin di desktop Anda.
  • Anda akan melihat daftar file dan folder yang telah dihapus. Temukan file atau folder yang ingin Anda restore.
  • Klik kanan pada file atau folder tersebut, lalu klik ‘Restore’.
  • File atau folder akan dikembalikan ke lokasi semula sebelum dihapus.

Jika Anda tidak dapat menemukan file atau folder yang ingin dikembalikan, mungkin karena sudah terhapus secara permanen, atau sudah melewati periode waktu yang ditentukan oleh sistem setelah penghapusan.

Jika ini yang terjadi, Anda memerlukan bantuan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga.

2. Lewat CMD

CMD atau Command Prompt adalah aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah tertentu dalam sistem operasi.

Program ini memiliki fungsi yang sangat penting dan beragam, mulai dari yang sepele seperti membuat folder baru sampai yang kompleks seperti mengubah sistem operasi.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh pengguna yang sudah berpengalaman dalam bidang IT atau memang memahami perintah-perintah dasar dalam CMD.

Meskipun terlihat rumit, beberapa perintah di CMD sebetulnya cukup mudah untuk dipahami dan digunakan, salah satunya adalah perintah untuk mengembalikan file yang terhapus.

Untuk cara mengembalikan file yang terhapus di laptop lewat CMD, Anda perlu berhati-hati dan teliti dalam menuliskan setiap perintah, karena jika salah, bisa berakibat fatal bagi sistem operasi Anda.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Berikut adalah step-step yang bisa Anda coba:

  • Buka CMD: klik Start, ketik “cmd” pada kolom pencarian, lalu klik kanan pada aplikasi CMD dan pilih “Run as administrator”.
  • Setelah CMD dibuka, ketik “chkdsk D: /f” dan tekan Enter untuk masuk ke root directory.
  • Lalu ganti D dengan huruf hard drive Anda.
    Selanjutnya, ketik perintah “ATTRIB -H -R -S /S /D D:*.*”. Ganti “D” dengan lokasi hard drive yang Anda inginkan.
  • Tunggu hingga proses recovery selesai. biasanya memakan waktu yang cukup lama. jadi silahkan bersabar.

Perlu diingat, cara ini tidak selalu berhasil dalam mengembalikan file terhapus. Selain itu, perintah yang digunakan bisa berbeda tergantung versi Windows yang Anda gunakan.

3. Menjalankan Restore Previous Versions

Restore Previous Versions adalah fitur built-in dalam sistem operasi Windows, yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file atau folder ke versi sebelumnya.

Fitur ini adalah bagian dari sistem proteksi file Windows yang dikenal sebagai “Shadow Copies.”

Shadow Copies menciptakan titik pemulihan dari file yang sedang dikerjakan di waktu tertentu. Jika file penting terhapus atau rusak, pengguna memiliki opsi untuk pergi ke ‘Restore Previous Versions’ dan memilih titik pemulihan yang sesuai.

Namun, ada beberapa hal yang perlu disadari. Pertama, fitur ini hanya tersedia pada Windows 7 dan versi lebih baru.

Kedua, fitur ini mungkin tidak aktif secara default pada versi Windows tertentu dan mungkin memerlukan aktivasi manual.

Berikut Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Dengan Restore Previous Versions:

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

  • Untuk menggunakan fitur ini, klik kanan pada folder dimana file tersebut seharusnya berada, dan pilih “Restore previous versions”.
  • Kemudian, pilih versi folder dari tanggal sebelum file dihapus, dan klik “Restore”.

Ini akan mengembalikan folder ke versi sebelumnya, dan file yang dihapus harus kembali.

4. Dari File History

File History adalah fitur pada Windows yang mengamankan file penting dengan membuat cadangan secara otomatis.

Fitur ini sangat berguna ketika sebuah file atau folder terhapus atau hilang secara tidak sengaja.

Dengan menggunakan Restore Previous Versions, pengguna bisa menelusuri berbagai versi file atau folder yang tersimpan pada titik-titik waktu yang berbeda-beda.

Setelah menemukan versi yang diinginkan, pengguna bisa memulihkan file atau folder tersebut. Jadi, bayangkan fitur ini seperti mesin waktu yang bisa membantu Anda mengambil kembali file atau folder yang hilang.

Jadi, jika Anda telah menjalankan File History sebelum file dihapus, Anda dapat menggunakan cadangan tersebut untuk memulihkan file.

Untuk langkah-langkh Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Dari File History bisa Anda lihat dibawah ini:

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

  • Anda dapat membuka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ dengan menekan tombol Windows dan I secara bersamaan. Kemudian klik pada ‘Update & Security’.
  • Pada panel sebelah kiri, ada beberapa opsi. Silakan pilih ‘Backup’ dan kemudian klik pada ‘More options’ atau ‘Opsi lainnya’ yang berada di bawah opsi ‘Back up using File History’ atau ‘Cadangkan menggunakan File History’.
  • Setelah menuju ke halaman ‘More options’, scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi ‘Restore files from a current backup’ atau ‘Pulihkan file dari backup saat ini’. Klik pada opsi tersebut.
  • Setelah jendela ‘File History’ terbuka, Anda bisa mencari file yang ingin dikembalikan. Jika file yang Anda cari adalah sebuah folder, Anda bisa klik folder tersebut untuk mencari file di dalamnya.
  • Setelah menemukan file yang Anda inginkan, klik pada tombol dengan ikon panah melingkar yang berada di bawah preview file. File tersebut akan segera dipulihkan ke lokasi aslinya.

Setelah mengikuti langkah-langkah mengembalikan file yang terhapus di laptop yang telah disebutkan, Anda seharusnya sudah berhasil mengembalikan file yang terhapus.

Ingat bahwa fitur ini hanya akan bekerja jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup File History sebelumnya.

Akhir Kata

Dengan penjelasan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop di atas, diharapkan Anda sudah mendapat gambaran apa yang harus dilakukan ketika file penting ikut terhapus.

Jangan panik, akan tetapi segeralah bertindak sebelum file tersebut ditimpa oleh data lain, karena semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kesempatan file tersebut bisa dikembalikan.

Satu pemikiran pada “Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Tanpa Aplikasi”

  1. Hello,

    I’m Abi, an English SEO copywriter and content writer. I excel in crafting blogs, articles, e-commerce product descriptions, SEO content, website content, business service descriptions, newsletter content, brochures, proofreading, social media captions, LinkedIn content, and SOPs.

    My rate is USD 20 for every 1000 words of content. If you don’t have time to plan out your content, we can help you with that.

    Feel free to email me at Contentwriting011994@outlook.com with any current requirements.

    Thanks,

    Abi

    Balas

Tinggalkan komentar