Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11 Dengan Rufus

Membuat bootable flashdisk windows 11 mungkin terdengar rumit, namun sebenarnya sangat mudah dilakukan dengan menggunakan software gratisan bernama Rufus.

Proses ini sangat penting apabila Anda ingin membersihkan sistem komputer dan menginstal ulang sistem operasi Windows 11 dari awal. Atau mungkin Anda ingin upgrade dari sistem operasi sebelumnya.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat langkah-langkah mendetail dalam membuat bootable flashdisk Windows 11 menggunakan Rufus.

Metode ini sangat populer dan banyak digunakan karena meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam proses instalasi. Pelajari prosesnya dan Anda akan mampu membuat media instalasi sendiri.

Persiapan Sebelum Membuat Bootable Flashdisk Windows 11

Sebelum memulai proses pembuatan bootable flashdisk Windows 11 dengan Rufus, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Flashdisk Setidaknya Dengan Penyimpanan 8GB

Flashdisk ini harus memiliki kapasitas minimal 8GB. Ini karena file instalasi Windows 11 membutuhkan ruang yang cukup besar.

Selain itu, pastikan flashdisk Anda dalam kondisi bagus dan bisa digunakan dengan baik. Jika flashdisk bermasalah, proses pembuatan bootable bisa gagal dan Anda harus melakukan semuanya dari awal lagi.

Adapun dalam memilih flashdisk, ada baiknya Anda memilih flashdisk dengan kecepatan baca dan tulis yang tinggi. Flashdisk dengan kecepatan tinggi akan mempercepat proses instalasi nanti.

Tidak ada persyaratan khusus mengenai merk, asalkan flashdisk tersebut berkualitas baik dan memenuhi kapasitas yang dibutuhkan.

Aplikasi Rufus

Langkah kedua dalam persiapan Membuat Bootable Flashdisk Windows 11 adalah dengan mengunduh dan menginstall aplikasi Rufus. Rufus adalah aplikasi gratis yang memudahkan Anda untuk membuat USB bootable.

Gunakan situs resmi Rufus untuk mengunduh aplikasinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang virus atau malware.

Setelah diunduh, install aplikasi tersebut di komputer Anda. Pastikan proses instalasi berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Rufus juga mudah untuk digunakan, terlepas dari pengalaman teknis Anda. Antarmuka yang intuitif membuat pengguna dapat mengatur opsi pembuatan bootable dengan mudah.

Aplikasi ini memang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat USB bootable dalam beberapa langkah saja.

Pertanyaan banyak orang adalah, mengapa memilih Rufus untuk membuat bootable flashdisk Windows 11? Alasan utamanya adalah karena Rufus sangat mudah digunakan dan memiliki interface yang user-friendly.

Selain itu, Rufus juga memungkinkan Anda untuk memilih beberapa sistem file, seperti FAT, FAT32, NTFS, UDF, dan lainnya.

Terakhir, Rufus juga lebih cepat dibandingkan software bootable USB lainnya seperti UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool.

Download Rufus

File Windows 11 ISO

File Windows 11 ISO adalah file sistem operasi Windows 11 yang akan diinstall melalui flashdisk bootable. Anda bisa mendapatkan file ini dari situs resmi Microsoft.

Pastikan Anda mendapatkan file ISO dari sumber yang sah dan aman untuk menghindari risiko virus atau malware.

Setelah file ISO diunduh, pastikan Anda menyimpannya di lokasi yang aman dan mudah diingat. Anda akan membutuhkan file ini saat menggunakan aplikasi Rufus untuk membuat USB bootable.

Selain itu, periksa apakah file ISO tidak rusak atau korup untuk memastikan proses pembuatan bootable berjalan lancar.

Memiliki File Windows 11 ISO dari sumber yang tepercaya sangat penting dalam rangka menjamin keberhasilan proses pembuatan bootable flashdisk dan instalasi sistem operasi berikutnya.

Dalam persiapan membuat bootable flashdisk Windows 11, flashdisk berkualitas, aplikasi Rufus, dan file system operasi Windows 11 ISO adalah ketiga hal yang harus Anda siapkan.

Ketiga komponen ini akan mendukung proses pembuatan bootable menjadi lebih efisien dan bebas hambatan.

Download Windows 11

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11 dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11 Dengan Rufus

Setelah semua persiapan selesai, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable flashdisk Windows 11 dengan Rufus :

Pastikan flashdisk dikosongkan terlebih dahulu karena semua data yang ada di dalamnya akan terhapus saat proses pembuatan bootable USB dilakukan.

Setelah itu koneksikan flashdisk dengan PC, jalankan aplikasi Rufus. Anda akan melihat berbagai opsi pada antarmuka Rufus.

Jangan khawatir, hanya ada beberapa opsi yang perlu Anda perhatikan.

Begitu Anda menjalankan Rufus, flashdisk Anda akan otomatis terdeteksi dan terpilih di kolom device pada aplikasi Rufus.

Jika flashdisk Anda tidak terdeteksi, coba lepas dan pasang kembali flashdisk ke port USB lain atau restart aplikasi Rufus.

Selanjutnya, klik tombol “Select” di sebelah kanan kolom “Boot selection”. Ini akan memunculkan jendela explorer yang memungkinkan Anda untuk memilih file ISO Windows 11 yang sebelumnya telah Anda unduh.

Carilah file ISO Windows 11 di jendela explorer dan klik “Open” setelah file tersebut terpilih. File ISO tersebut akan terpilih dan informasi mengenai file tersebut akan ditampilkan di antarmuka Rufus.

Pada bagian Partition scheme, Anda akan melihat dua opsi, yaitu “MBR” dan “GPT”. Pilih “MBR” jika komputer Anda menggunakan BIOS legacy, atau “GPT” jika komputer Anda mendukung UEFI.

Jika Anda tidak yakin, cek terlebih dahulu jenis BIOS pada komputer Anda.

Pada bagian Cluster size, biarkan menjadi default. Rufus akan mengatur ukuran cluster secara otomatis berdasarkan kapasitas flashdisk yang Anda gunakan.

Mengatur ukuran cluster secara manual bisa menyebabkan masalah ketika menggunakan flashdisk sebagai media instalasi.

Pada bagian Volume Label, Anda bisa memberikan nama pada flashdisk Anda sesuai keinginan Anda.

Nama ini akan muncul saat flashdisk Anda terhubung ke komputer atau laptop. Anda bisa menggunakan nama seperti “Windows 11 Bootable” atau “Windows 11 Installer” untuk memudahkan identifikasi.

Di bawah pengaturan tersebut, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan yang perlu Anda centang. Pastikan bahwa opsi “Quick Format” tercentang, karena ini akan mempercepat proses pembuatan bootable flashdisk.

Centang juga opsi Create a bootable disk using dan pilih “ISO Image” dari menu drop-down yang tersedia. Klik tombol ikon folder di sebelah kanan untuk mencari dan memilih file ISO Windows 11 yang sudah Anda unduh sebelumnya.

Opsi lain seperti Create extended label and icon files dan “Use Rufus MBR with BIOS ID” sebaiknya juga dicentang agar proses pembuatan bootable flashdisk berjalan dengan lancar dan lebih fleksibel.

Setelah semua pengaturan tersetting dengan benar, klik tombol “Start” yang ada di bagian bawah jendela aplikasi Rufus.

Sebuah peringatan akan muncul yang menyatakan bahwa seluruh data di flashdisk Anda akan dihapus.

Pastikan Anda telah mencadangkan segala hal yang penting sebelum melanjutkan, lalu klik “OK” untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk Windows 11.

Proses pembuatan bootable flashdisk akan berlangsung selama beberapa menit, tergantung pada kecepatan flashdisk dan komputer Anda. Setelah proses selesai, Anda akan melihat pesan “READY” di bagian bawah jendela Rufus.

Kesimpulan

Membuat bootable flashdisk Windows 11 dengan Rufus bukanlah tugas yang sulit. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal dan mengikuti langkah-langkah di atas.

Setelah selesai, Anda akan memiliki bootable flashdisk yang siap untuk digunakan dalam menginstal ulang atau upgrade sistem operasi Windows 11 Anda.

Apabila Anda tidak tahu langkag-langkahnya silahkan baca postingan ini: Cara Install Windows 11 Dengan Flashdisk.

Tinggalkan komentar