Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Membuat bootable flashdisk Windows 10 merupakan solusi terbaik jika Anda ingin memasang atau memperbarui sistem operasi Windows 10 pada komputer Anda.

Sesuai dengan namanya, bootable flashdisk memungkinkan Anda untuk memboot dan menginstall Windows 10 langsung dari flashdisk.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu bootable Flashdisk dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk mempersiapkannya.

Apa Itu Bootable Flashdisk Windows 10?

Sebelum kita membahas apa itu bootable flashdisk Windows 10, mari kita bicarakan apa itu booting. Booting adalah proses di mana sistem operasi komputer dimuat ke dalam memori utama saat komputer dinyalakan.

Bootable flashdisk adalah alat penyimpanan yang memungkinkan Anda boot atau memulai komputer Anda dari flashdisk tersebut, bukan dari hard drive.

Flashdisk bootable Windows 10 adalah flashdisk yang telah disiapkan dan dikonfigurasi khusus untuk bisa digunakan dalam proses booting sistem operasi Windows 10.

Dengan flashdisk ini, Anda dapat memboot komputer langsung dari flashdisk dan melakukan instalasi atau pembaruan sistem operasi.

Dengan kata lain, komputer Anda akan memulai dari flashdisk tersebut, bukan dari hard drive internal seperti biasanya.

Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Ada beberapa alat penting yang Anda butuhkan untuk membuat bootable flashdisk Windows 10. Berikut ini adalah detailnya.

Flashdisk Kosong Minimal 8GB

Pertama, Anda akan membutuhkan flashdisk. Ukuran minimum flashdisk yang diperlukan akan bergantung pada versi sistem operasi yang ingin Anda install. Untuk Windows 10, Anda akan membutuhkan flashdisk dengan setidaknya 8GB ruang kosong.

Pastikan juga flashdisk ini kosong, karena semua data yang sebelumnya ada di flashdisk tersebut akan terhapus ketika Anda membuat bootable flashdisk Windows 10.

Flashdisk dengan 8GB memori atau lebih akan cukup untuk menampung file ISO Windows 10 dan masih memberi Anda ruang untuk file dan dokumentasi tambahan yang mungkin Anda butuhkan selama proses instalasi.

Selain itu, pastikan juga flashdisk Anda bebas dari virus dan malware, agar proses pembuatan bootable flashdisk berjalan lancar dan aman.

Komputer/PC

Selain flashdisk, Anda juga akan membutuhkan komputer atau PC dengan koneksi internet stabil.

Komputer ini akan digunakan untuk mengunduh file ISO Windows 10 dan aplikasi Rufus, serta mempersiapkan bootable flashdisk.

Pastikan juga komputer Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan Windows 10 dan aplikasi Rufus.

Aplikasi Rufus

Rufus (Reliable USB Formatting Utility with Source) adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang dikembangkan oleh Pete Batard dan disediakan secara gratis.

Rufus merupakan aplikasi yang mampu membuat bootable USB flashdisk dengan mudah dan cepat dari berbagai sistem operasi, termasuk Windows 10.

Fungsionalitas dari Rufus tidak hanya terbatas pada pembuatan bootable Windows, tapi juga sistem operasi Linux dan MacOS.

Menggunakan Rufus memiliki beberapa kelebihan dibandingkan cara lain.

Beberapa kelebihan aplikasi ini antara lain kecepatan, keefektifan, dan simpel.

Rufus sudah banyak digunakan oleh pengguna Windows 10 karena kemudahannya dalam membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan cepat.

Akan tetapi, Rufus bukan satu-satunya cara, banyak opsi lain yang tersedia, seperti menggunakan perintah Command Prompt (CMD) atau aplikasi lain seperti UNetbootin dan Universal USB Installer.

Anda dapat mengunduh Rufus secara langsung dari situs resminya, disini: Download Rufus.

Windows 10 ISO File

Terakhir, Anda akan membutuhkan file ISO dari Windows 10. File ISO ini adalah citra disk dari Windows 10 yang akan Anda install.

Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft atau dari sumber tepercaya lainnya di internet.

Pastikan bahwa file ISO yang Anda unduh adalah versi terbaru dan cocok dengan spesifikasi komputer Anda.

Silahkan unduh langsung dari website resmi Miscorost disini: Download Windows 10

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Sebelum memulai, ada beberapa bahan yang harus kita persiapkan, antara lain: flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB, file ISO Windows 10, dan aplikasi Rufus.

Memastikan kita memiliki semua kebutuhan ini akan membantu proses pembuatan bootable flashdisk lebih lancar dan tanpa hambatan.

Nyalakan PC

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyalakan PC atau laptop. Pastikan perangkat kita sudah dalam keadaan optimal dan siap untuk digunakan.

Jangan lupa untuk menghubungkan PC ke internet untuk memastikan bahwa kita bisa mengunduh file yang diperlukan.

Tancapkan Flashdisk ke Port USB di PC

Setelah PC sudah dinyalakan, langkah berikutnya adalah menancapkan flashdisk ke port USB.

Pastikan kita menggunakan port USB yang belum terpakai dan bekerja dengan baik, untuk memastikan proses pembuatan bootable flashdisk berjalan tanpa kendala.

Buka Aplikasi Rufus

Setelah flashdisk sudah ditancapkan, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi Rufus. Rufus adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat bootable flashdisk Windows 10.

Aplikasi ini sangat simpel dan mudah digunakan, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Ubah Device ke Flashdisk

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Setelah Rufus buka, langkah selanjutnya adalah mengubah device ke flashdisk. Ini adalah pilihan yang harus kita pilih untuk mulai membuat bootable flashdisk Windows 10.

Pastikan kita memilih flashdisk yang tepat agar tidak terjadi kesalahan.

Unggah Windows 10 ISO ke Aplikasi Rufus

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Setelah device telah diubah ke flashdisk, langkah berikutnya adalah mengunggah file ISO Windows 10 ke aplikasi Rufus. Ini adalah langkah yang sangat penting, karena file ISO inilah yang akan diinstall ke flashdisk kita.

Tentukan Jenis Partition Scheme

Setelah file ISO sudah diunggah, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis partition scheme. Ada dua jenis partition scheme yang umum digunakan, yaitu MBR dan GPT.

Pilih jenis partition scheme yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi komputer atau laptop anda.

Atur Format Options

Setelah menentukan jenis partition scheme, langkah berikutnya adalah mengatur format options. Dalam langkah ini, kita akan menentukan format file sistem yang akan digunakan, seperi NTFS atau FAT32.

Ketuk Menu How Advanced Format Options

Setelah mengatur format options, klik menu how advanced format options untuk mengatur opsi lainnya. Di sini, kita bisa mengatur opsi seperti Quick format dan Create extended label and icon files.

Beri Ceklik opsi Quick format dan Create Extended Label and Icon Files

Langkah berikutnya adalah mengecek opsi Quick format dan Create extended label and icon files. Opsi ini akan memastikan bahwa proses pembuatan bootable flashdisk berjalan cepat dan efisien.

Ketuk Start Untuk Memulai dan Tunggu Sampai selesai

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Setelah semua pengaturan sudah selesai dilakukan, klik Start untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk.

Proses ini bisa memakan waktu cukup lama tergantung kapasitas flashdisk dan kecepatan komputer, jadi harap bersabar.

Setelah proses selesai, Anda dapat langsung Install Windows 10 dengan Flashdisk.

Klik link tersebut untuk melihat panduannya.

Akhir kata

Membuat bootable flashdisk Windows 10 mungkin tampak rumit, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita pasti bisa melakukannya dengan mudah.

Bootable flashdisk sangat membantu ketika kita perlu menginstal ulang sistem operasi atau ketika kita ingin menjalankan sistem operasi dari flassdisk.

Tinggalkan komentar