Cara Masuk BIOS MSI dengan Mudah

Banyak pengguna laptop yang kurang familiar dengan BIOS, atau mungkin sebagian malah belum pernah sama sekali mengaksesnya. Padahal, Cara Masuk BIOS MSI bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui tombol DEL dan F2.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang cara mengakses BIOS pada laptop MSI dengan mudah dan praktis. Namun sebelumnya katahui dulu hal berikut ini.

Sekilas Tentang Laptop MSI dan Kelebihannya

Bagi penggemar teknologi dan gaming, nama MSI bukanlah hal yang asing lagi. Micro-Star International atau MSI adalah produsen komputer terkemuka yang berasal dari Taiwan dan dikenal luas oleh pengguna di seluruh dunia berkat produk-produknya yang inovatif dan berkualitas tinggi.

Salah satu produk unggulan MSI adalah laptop, yang telah memenangkan hati banyak pengguna karena kualitas, daya tahan, dan kinerjanya yang unggul.

Laptop MSI menawarkan berbagai kelebihan yang membuatnya layak dipertimbangkan bagi siapa saja yang mencari laptop yang tangguh.

Kelebihan Laptop MSI

Berikut adalah beberapa kelebihan dari laptop MSI yang menjadikannya pilihan yang menarik:

  • Performa Tinggi: MSI dikenal karena performa luar biasanya. Laptop ini didukung oleh prosesor Intel dan AMD terkini yang memberikan kecepatan dan performa tingkat tinggi untuk berbagai kebutuhan, mulai dari gaming hingga editing video. Chipset grafis yang dikembangkan oleh Nvidia dan AMD menjamin pengalaman gaming yang mulus dan nyata.
  • Desain dan Estetika: Laptop MSI juga dikenal karena desainnya yang menarik dan inovatif. Mereka sering menggunakan LED RGB yang dapat disesuaikan untuk keyboard dan sistem pendingin, membuat mereka terlihat elegan dan modern. Desain unik ini tidak hanya tentang tampilan, tetapi juga tentang fungsionalitas. Struktur casing yang dirancang dengan baik memastikan aliran udara optimal, yang sangat penting untuk menjaga suhu laptop tetap dingin saat menjalankan tugas yang membutuhkan banyak energi.
  • Daya Tahan dan Kualitas Pembuatan: Laptop MSI dibuat dengan standar kualitas tertinggi. Mereka menggunakan komponen kelas atas yang menjamin daya tahan dan umur panjang mesin.

Fungsi BIOS Pada Laptop MSI

BIOS, atau Basic Input Output System, adalah sistem yang mengontrol perangkat keras pada sebuah laptop atau komputer sebelum sistem operasi dimulai.

Dalam hal ini, perangkat keras termasuk berbagai komponen penting seperti:

Memeriksa Daya

Sebelum menjalankan sistem operasi, BIOS perlu memeriksa daya pada laptop MSI. BIOS akan memastikan bahwa daya cukup untuk menjalankan semua komponen dengan baik.

CPU

BIOS perlu menerima sinyal dari CPU atau Central Processing Unit bahwa segalanya berfungsi normal. CPU adalah otak dari sistem komputer, jadi penting bagi BIOS untuk memastikan bahwa CPU berfungsi dengan baik sebelum melanjutkan.

RAM

BIOS juga mengecek RAM atau Random Access Memory. Memori ini sangat penting untuk operasi komputer dan penggunaan aplikasi, sehingga perlu dicek BIOS apakah ada kerusakan atau tidak.

Dan lain-lain

Ada banyak komponen lain seperti hard disk, kartu grafis, dan perangkat input lainnya yang perlu diperiksa oleh BIOS sebelum sistem operasi dimulai.

2 Cara Masuk BIOS MSI dengan Mudah

Seperti yang dijelaskan oleh MSI pada laman resmi mereka di id.msi.com, Ada dua cara yang bisa digunakan untuk masuk ke BIOS pada laptop MSI, yaitu menggunakan tombol DEL dan tombol F2.

Cara Masuk BIOS MSI dengan Tombol DEL

Cara masuk BIOS MSI yang pertama adalah menggunakan tombol DEL. Langkah ini adalah langkah standar yang sering digunakan dalam banyak merek dan model laptop atau komputer.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hidupkan atau restart komputer atau laptop MSI anda.
  • Seketika setelah menyalakan atau merestart, tekan tombol DEL berkali-kali secara cepat.
  • Pastikan anda menekan tombol DEL sebelum layar laptop atau komputer muncul logo MSI.

Jika anda melakukan langkah di atas dengan benar, anda akan masuk ke halaman utama BIOS.

Cara Masuk BIOS MSI dengan Tombol F2

Cara masuk BIOS MSI yang kedua adalah menggunakan tombol F2, cara ini bisa dijadikan alternatif jika cara pertama tidak berhasil.

Berikut adalah detail langkah-langkahnya:

  • Hidupkan atau restart komputer atau laptop MSI anda.
  • Seketika setelah menyalakan atau merestart, tekan tombol F2 berkali-kali secara cepat.
  • Pastikan anda menekan tombol F2 sebelum layar laptop atau komputer muncul logo MSI.

Apabila anda melakukan langkah di atas dengan benar, anda akan masuk ke halaman utama BIOS.

Meski kedua cara Masuk BIOS MSI diatas terlihat mudah, beberapa pengguna merasa kesulitan. Nah, jika Anda merupakan salah satunya ketahui penyebab dan cara mengatasinya dibawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Masuk BIOS MSI dan Solusinya

Dalam banyak kasus, kegagalan dalam mengakses BIOS dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari settingan sistem yang belum tepat, kerusakan perangkat keras, atau cara penggunanya yang keliru saat proses akses.

Dua faktor utama yang mungkin menjadi penyebabnya adalah timing menekan tombol BIOS yang tidak tepat dan pengaturan fastboot, atau boot cepat, yang terlalu singkat.

Timing Menekan Tombol Kurang Tepat

Langkah pertama dalam upaya mengakses BIOS adalah menekan tombol yang ditentukan pada keyboard.

Namun, sering kali, pengguna kurang tepat dalam menentukan timing saat akan menekan tombol BIOS yang berakibat pada kegagalan akses.

Biasanya timing yang ideal untuk menekan tombol BIOS adalah ketika logo MSI atau sistem operasi baru saja muncul di layar. Anda harus cukup cepat, tetapi juga tepat.

Apabila pengguna menekan tombol BIOS terlalu cepat, maka sistem mungkin akan melewati proses ini dan melanjutkan booting.

Sementara itu, bila pengguna menekan tombol BIOS terlalu lambat, proses booting mungkin sudah terlanjur selesai dan sistem operasi sudah diload oleh sistem.

Kedua situasi ini mengakibatkan pengguna tidak bisa masuk BIOS MSI.

Pengaturan Fastboot Terlalu Cepat

Saat perangkat pertama kali dihidupkan, sistem akan melakukan serangkaian pengecekan yang disebut dengan POST (power-on self-test).

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua hardware yang terhubung berfungsi dengan baik sebelum melanjutkan proses booting.

Namun, ada fitur yang disebut fastboot (boot cepat) yang bisa mempercepat proses ini. Fitur ini melanjutkan proses booting tanpa harus mengecek hardware satu per satu

Fastboot sangat berguna untuk menghemat waktu booting, namun bisa menjadi masalah ketika user ingin mengakses BIOS.

Jika setting fastboot diset terlalu cepat, kemungkinan sistem sudah melewati proses booting sebelum user sempat menekan tombol untuk akses BIOS. Keadaan ini menjadikan pengguna tidak bisa masuk ke BIOS MSI.

Fastboot memang bisa meningkatkan kecepatan booting, tetapi pengaturannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perangkat.

Akhir Kata

Begitulah cara masuk BIOS MSI dengan mudah. Harap berhati-hati saat menggunakan BIOS, karena pengaturan yang salah bisa mengganggu kerja laptop.

Untuk pengguna awam, lebih baik berkonsultasi dengan ahli IT sebelum melakukan perubahan pada BIOS.

Tinggalkan komentar