Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk Untuk Pemula

Salah satu kebutuhan penting masa kini adalah komputer atau laptop dengan sistem operasi yang up-to-date. Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan adalah Windows 10.

Bagi Anda yang ingin melakukan installasi atau upgrade sistem operasi, topik ini akan membahas mengenai Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk.

Selain praktis, metode ini juga cukup mudah dan cepat dilakukan.

Kelebihan Windows 10

Dengan berbagai versi yang telah dirilis sepanjang waktu, Windows 10 nampaknya menjadi salah satu yang paling disukai dan digunakan oleh banyak orang.

User Interface yang Menarik dan Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan Windows 10 adalah antarmuka pengguna atau user interface (UI) yang friendly dan mudah digunakan. Microsoft telah melakukan peningkatan yang signifikan dalam hal ini pada Windows 10.

Tampilannya menjadi lebih modern dan elegan, tetapi tetap mudah dipahami oleh para pengguna, baik yang sudah berpengalaman maupun pemula.

Lebih Cepat dan Responsif

Kelebihan berikutnya dari Windows 10 adalah kecepatan dan responsivitasnya. Microsoft telah melakukan berbagai peningkatan dalam hal ini, membuat sistem operasi ini jauh lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Hal ini tentunya akan sangat membantu para pengguna yang membutuhkan sistem operasi yang dapat menjalankan berbagai aplikasi dan tugas dengan cepat dan responsif.

Fitur Keamanan yang Canggih

Kelebihan Windows 10 lainnya adalah adanya fitur keamanan yang lebih canggih. Microsoft telah menyediakan berbagai fitur keamanan pada sistem operasi ini, termasuk Windows Defender yang telah ditingkatkan.

Fitur ini memberikan perlindungan real-time terhadap berbagai ancaman malware dan virus, memastikan bahwa data dan sistem pengguna tetap aman

Kompatibilitas yang Lebih Baik

Kelebihan Windows 10 yang berikutnya adalah kompatibilitasnya. Sistem operasi ini dirancang untuk bekerja dengan berbagai perangkat hardware dan software yang berbeda.

Baik itu perangkat lama maupun baru, Windows 10 dapat bekerja dengan baik. Hal ini tentunya akan membantu pengguna yang memiliki perangkat lama tetapi ingin merasakan pengalaman terbaik dari sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Update Berkelanjutan

Microsoft memiliki komitmen untuk terus menghadirkan update dan peningkatan pada Windows 10.

Baik itu update kecil atau major updates, Microsoft selalu berusaha untuk memastikan bahwa pengguna mereka mendapatkan pengalaman terbaik dari sistem operasi ini.

Dengan berbagai update yang dirilis, pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja, serta mendapatkan perlindungan terhadap berbagai ancaman keamanan terkini.

Persiapan Sebelum Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum kita mulai Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk.

Beberapa persiapan ini penting untuk memastikan proses instalasi berjalan lancar dan sistem operasi dapat berfungsi dengan baik setelah diinstal.

Flashdisk Berukuran 8GB atau Lebih

Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang akan digunakan untuk menyimpan file instalasi sistem operasi Windows 10.

Flashdisk ini harus memiliki kapasitas penyimpanan minimal 8GB untuk memastikan file instalasi dapat disimpan secara menyeluruh.

Selain itu, sebaiknya gunakan flashdisk dengan kondisi baik dan bebas dari error untuk menghindari kendala selama proses instalasi.

Pastikan juga flashdisk ini dikosongkan terlebih dahulu sebelum digunakan, dan pilih flashdisk yang memiliki kecepatan transfer data yang baik untuk mempercepat proses instalasi.

Ada banyak merk flashdisk yang dapat Anda gunakan, namun pastikan untuk memilih merk yang terpercaya dan memiliki performa baik.

Laptop/PC yang Memenuhi Spek Win 10

Untuk memastikan Windows 10 dapat berjalan dengan baik dan lancar, pastikan laptop atau PC yang akan digunakan telah memenuhi spesifikasi minimum yang direkomendasikan oleh Microsoft.

Spesifikasi minimum ini meliputi prosesor 1 GHz, RAM 1 GB (untuk versi 32-bit) atau 2 GB (untuk versi 64-bit), dan ruang penyimpanan kosong minimal 16 GB (untuk versi 32-bit) atau 20 GB (untuk versi 64-bit).

Selain itu, pastikan juga laptop atau PC memiliki fasilitas BIOS atau UEFI yang mendukung booting melalui flashdisk.

Beberapa laptop atau PC lawas mungkin tidak memiliki fasilitas tersebut, sehingga cara install Windows 10 dengan flashdisk akan sulit dilakukan.

Fasilitas booting ini bisa di cek melalui BIOS/UEFI saat komputer pertama kali dihidupkan.

File ISO Win 10

File ISO Windows 10 adalah file yang berisi sistem operasi beserta beberapa aplikasi bawaannya. File ini menjadi sangat penting dalam proses instalasi, karena merupakan sumber sistem operasi yang akan diinstal.

Untuk mendapatkan file ISO ini, Anda dapat mengunduhnya langsung dari website Microsoft atau mencari file ISO yang sudah di-share oleh beberapa pengguna.

Pastikan untuk mengunduh file ISO yang sesuai dengan versi Windows 10 yang diinginkan (Home, Pro, Edukasi, dll).

Selain itu, perhatikan juga apakah file ISO yang diunduh adalah versi 32-bit atau 64-bit. Sebagai rekomendasi, gunakan versi 64-bit karena lebih stabil dan memiliki fitur keamanan yang lebih baik.

Silahkan unduh secara langsung dari website microsoft, disini: Download Windows 10

Aplikasi Rufus

Aplikasi Rufus menjadi salah satu aplikasi yang populer digunakan dalam proses membuat flashdisk bootable yang berisikan sistem operasi Windows 10.

Rufus adalah aplikasi gratis dan ringan namun sangat powerful dalam melakukan proses ini.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menggabungkan file ISO Windows 10 dengan flashdisk sehingga membentuk media instalasi yang siap digunakan.

Selain Rufus, banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan proses ini, seperti UNetbootin, Windows USB/DVD Download Tool, dan Universal USB Installer.

Namun, Rufus lebih unggul dalam kecepatan dan kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi.

Anda bisa memiliki aplikasi Rufus dengan mengunduhnya secara langsung dari situs resmi mereka. Silahkan unduh disini: Download Rufus.

Membuat Bootable Disk

Untuk langkah-langkah membuat Bootable Disk, Anda dapat melihatnya pada postingan solusipc.com berikut ini: Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses installasi Windows 10 menggunakan flashdisk.

Berikut adalah langkah-langkah Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk:

Pastikan komputer Anda dimatikan, lalu tancapkan flashdisk ke port USB. Nyalakan komputer dan masuk ke menu BIOS.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Setiap komputer memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke BIOS, namun biasanya dilakukan dengan menekan tombol F2, F12, DEL, atau ESC saat komputer baru dinyalakan.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Di dalam menu BIOS, cari dan masuk ke menu boot options. Ubah prioritas booting menjadi USB-HDD atau USB-ZIP. Selanjutnya Save perubahan yang telah Anda lakukan dan keluar dari BIOS.

Komputer Anda akan restart dan booting dari flashdisk.

Selanjutnya, Anda akan melihat layar setup Windows 10. Ikuti instruksi yang ditampilkan untuk memulai proses instalasi.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Pilih instalasi custom untuk melakukan instalasi baru, atau upgrade jika Anda ingin mempertahankan file dan aplikasi yang sudah ada.

Pada layar berikutnya, pilih drive tempat Windows 10 akan diinstall. Jika perlu, Anda bisa memformat atau menghapus partisi yang ada. Setelah drive dipilih, klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Perhatian: Setelah proses “Getting files ready for installation” selesai atau mencapai 100%, cabut Flashdisk. Ini dilakukan agar komputer tidak memulai booting lagi ketika dihidupkan kembali.

Tunggu hingga proses installasi Windows 10 selesai. Sekarang Komputer akan restart secara otomatis beberapa kali.

Setelah proses installasi selesai, Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan awal. Ikuti petunjuk yang ditampilkan dan selesaikan pengaturan awal.

Akhir Kata

Selamat, Anda telah sukses melakukan Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk. Dengan cara ini, Anda bisa memiliki sistem operasi terbaru dan mendapatkan seluruh kelebihan yang ditawarkan oleh Windows 10. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar