Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 10 & 11

cara ganti bahasa di laptop bukanlah hal yang rumit. Pengguna dapat mengubahnya sesuai keingin mereka tanpa harus melalui proses yang sulit.

Pada artikel ini, solusipc.com akan membahas bagaimana Anda dapat mengubah bahasa di Windows 10 dan 11.

Prosesnya sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pengguna yang tidak terbiasa dengan teknologi.

Apakah Bisa Mengubah Bahasa di Windows 10 dan 11?

Ya, Anda dapat ganti bahasa di laptop baik itu sistem operasi Windows 10 atau Windows 11. Microsoft telah menyediakan fitur ini untuk memudahkan pengguna dalam pengoperasian sistem operasi.

Dengan kata lain, sistem operasi ini sangat “ramah” terhadap pengguna yang berbeda-beda latar belakang bahasanya.

Tidak perlu khawatir, pendekatan atas sistem operasi ini sangat definitif. Microsoft memahami bahwa pengguna mungkin perlu mengubah bahasa sistem operasi mereka.

Inilah alasan mengapa mereka telah membuat proses ini relatif mudah dilakukan. Melalui panduan ini, Anda akan diberi pengetahuan tentang cara mengubah bahasa pada sistem operasi Windows 10 dan 11.

Dengan menggunakan bahasa yang didukung dengan baik, seperti Bahasa Indonesia, Anda akan mendapatkan update keamanan dan performa yang lebih baik.

Seperti yang dijelaskan oleh Microsoft pada halaman Mengelola pengaturan bahasa tampilan di Windows, berikut ini panduannya:

Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 10

Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 10 & 11

Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Untuk mengganti bahasa di Windows 10, pertama-tama Anda harus pergi ke menu ‘Settings’.
  • Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol ‘Windows’ + ‘I’.
  • Setelah itu, klik pada ‘Time & Language’, lalu klik ‘Region & language’ pada panel sebelah kiri.
  • Di bagian ‘Languages’, klik ‘Add a language’.
  • Cari ‘Bahasa Indonesia’ dalam daftar yang tersedia, lalu klik ‘Next’.
  • Anda akan diberi pilihan fitur yang ingin Anda instal.
  • Setelah itu, klik ‘Install’. Menunggu proses instalasi selesai.

Jika diminta, Anda mungkin perlu me-restart sistem Anda agar perubahan berlaku.

Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 11

Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 11

Sementara itu, untuk Windows 11, prosesnya hampir sama. Namun, ada sedikit perbedaan.

  • Seperti sebelumnya, pergi ke ‘Settings’, lalu klik ‘Time & Language’.
  • Kali ini, klik pada ‘Language & region’ pada panel sebelah kiri.
  • Dalam section ‘Preferred languages’, klik ‘Add a language’.
  • Cari ‘Bahasa Indonesia’, lalu klik ‘Next’.
  • Anda akan diberi pilihan fitur yang ingin Anda instal.
  • Setelah itu, klik ‘Install’.

Tunggu hingga proses selesai, dan restart sistem Anda jika perlu.

Kenapa Tidak Ada Pilihan Bahasa Indonesia pada Settings Windows?

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai alasan mengapa pilihan bahasa Indonesia tidak langsung tersedia pada pengaturan laptop Windows.

Hal ini bukan berarti Windows tidak mendukung bahasa Indonesia, melainkan perlu penambahan secara manual oleh pengguna.

Alasan ketidakhadiran bahasa Indonesia secara default adalah supaya pengguna dapat memilih mana yang paling mereka butuhkan.

Default Windows menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sistem, yang secara umum dianggap sebagai bahasa internasional.

Windows menyediakan dukungan untuk banyak bahasa, namun memuat semua bahasa tersebut secara default tentu akan mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan, mengingat jumlah space yang dibutuhkan.

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia di Laptop Windows

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan bahasa Indonesia di laptop Windows:

  • Buka Settings Windows: Pertama, anda perlu membuka pengaturan Windows dengan menekan tombol Windows pada keyboard atau klik tombol Windows di pojok kiri bawah layar, kemudian pilih icon “Settings” berbentuk gir.
  • Pilih “Time & Language”: Setelah membuka Settings, carilah opsi “Time & Language” dan klik untuk membuka pengaturan bahasa. Di halaman tersebut, anda akan melihat berbagai opsi yang terkait dengan pengaturan waktu, bahasa, serta suara.
  • Klik “Language” pada sidebar: Pada “Time & Language”, terdapat sidebar di sebelah kiri yang menampilkan beberapa opsi. Pilih “Language” untuk melanjutkan ke pengaturan bahasa.
  • Tambahkan bahasa baru: Di bagian “Preferred languages”, anda dapat melihat bahasa yang telah ada pada sistem. Untuk menambahkan bahasa Indonesia di laptop, klik tombol “Add a language” yang ada di bawah daftar bahasa yang telah ada.
  • Cari dan pilih bahasa Indonesia: Setelah mengeklik “Add a language”, akan muncul jendela baru yang menampilkan berbagai bahasa yang didukung oleh Windows. Cari bahasa Indonesia dengan mengetik “Indonesia” pada kolom pencarian dan klik bahasa tersebut untuk menambahkannya ke daftar bahasa yang telah ada.
  • Unduh dan install bahasa Indonesia: Anda mungkin melihat pilihan “Options” pada bahasa Indonesia yang telah anda tambahkan. Klik “Options” untuk melanjutkan ke jendela pengaturan bahasa Indonesia. Di sini, anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia, termasuk paket bahasa, papan ketik, dan fitur optik lainnya seperti kalin g, serta Group Policy. Klik tombol “Download” di bawah “Language pack available” untuk mengunduh dan menginstal paket bahasa Indonesia.
  • Atur sebagai bahasa default: Setelah menginstal paket bahasa, kembali ke pengaturan bahasa dengan mengeklik tombol panah kembali di pojok kiri atas jendela pengaturan bahasa. Di bagian “Preferred languages”, pilih bahasa Indonesia dan klik tombol panah ke atas yang ada di sebelah kanan untuk menjadikannya bahasa sistem utama.
  • Restart komputer: Setelah mengatur bahasa Indonesia sebagai bahasa sistem utama, silakan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan tersebut. Windows akan mengatur bahasa Indonesia sebagai bahasa antarmuka sistem dan papan ketik anda.

Kesimpulan

Proses cara ganti bahasa di laptop Anda ke Bahasa Indonesia bukanlah sesuatu yang sulit. Microsoft telah membuatnya sangat sederhana dan mudah diikuti oleh pengguna, baik mereka berpengalaman atau tidak.

Dengan mengubah bahasa di Windows 10 dan 11 , Anda juga dapat memperoleh kinerja lebih baik dan dapat berinteraksi dengan sistem Anda dengan lebih efisien.

28 pemikiran pada “Cara Ganti Bahasa di Laptop Windows 10 & 11”

Tinggalkan komentar