Apakah yang Dimaksud Snipping Tool dan Cara Menggunakannya

Apakah yang dimaksud Snipping Tool? dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengambil screenshot di laptop windows baik itu 7, 8, 10 dan 11? Baca terus postingan ini hingga selesai untuk mengetahuinya.

Snipping Tool adalah sebuah aplikasi bawaan Windows yang sangat berguna untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar.

Dengan menggunakan Snipping Tool, pengguna dapat dengan mudah Screenshot Laptop Windows baik itu WIN 7, 8, 10 dan 11 ataupun komputer mereka dan menyimpannya sebagai file gambar.

Snipping Tool menjadi sangat populer karena kemudahan penggunaannya dan fitur-fitur yang lengkap.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu Snipping Tool, bagaimana cara menggunakannya, dan beberapa fitur menarik yang tersedia.

Apakah yang dimaksud Snipping Tool?

Snipping Tool adalah sebuah aplikasi bawaan yang pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft di sistem operasi Windows Vista.

Snipping Tool memungkinkan pengguna untuk melakukan tangkapan layar dengan cepat dan mudah.

Dengan menggunakan Snipping Tool, pengguna dapat memilih area spesifik di layar mereka, seperti jendela aktif, seluruh layar, atau area yang dipilih secara manual.

Setelah itu, pengguna dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar, seperti PNG, JPEG, atau GIF.

Selain itu, Snipping Tool juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang memudahkan pengguna dalam mengedit tangkapan layar yang telah mereka ambil.

Pengguna dapat menambahkan teks, garis, panah, atau highlighting ke tangkapan layar mereka sebelum menyimpannya.

Snipping Tool juga memiliki fitur penambahan langsung ke email atau pesan teks, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berbagi tangkapan layar dengan orang lain melalui email atau pesan teks.

Sebelum Snipping Tool, pengguna harus menggunakan tombol Print Screen di keyboard dan kemudian menyunting tangkapan layar menggunakan aplikasi pengedit gambar terpisah.

Snipping Tool menghilangkan langkah kedua ini dengan menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengambil dan menyunting tangkapan layar.

Snipping Tool dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengguna kemudahan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengambil tangkapan layar.

Dengan Snipping Tool, pengguna dapat memilih dengan tepat area mana yang ingin mereka tangkap.

Misalnya, jika pengguna hanya ingin mengambil tangkapan layar dari jendela aplikasi yang aktif, mereka dapat menggunakan opsi “Jendela Aktif” dari menu Snipping Tool.

Snipping Tool juga memberikan kemudahan dalam menyimpan tangkapan layar dalam berbagai format file gambar yang umum digunakan.

Kini Telah Menjadi Aplikasi Bawaan Windows Terbaru

Sejak diperkenalkan di Windows Vista, Snipping Tool telah menjadi aplikasi bawaan yang populer di sistem operasi Windows terbaru.

Microsoft telah terus memperbarui dan meningkatkan fitur-fitur yang ditawarkan, membuat Snipping Tool semakin bermanfaat bagi pengguna.

Pengguna sekarang dapat menemukan Snipping Tool dengan mudah di menu Start Windows atau melalui fitur pencarian.

Selain itu, Snipping Tool juga telah mendapatkan fitur tambahan, seperti kemampuan untuk mengambil tangkapan layar tunda yang berguna untuk tangkapan layar yang melibatkan menu drop-down atau tindakan yang memakan waktu.

Snipping Tool juga telah diperbarui dengan fitur pengeditan yang lebih lengkap, termasuk kemampuan untuk menggambar objek bebas dan menghapus bagian-bagian tidak diinginkan dari tangkapan layar.

Cara Menggunakan Snipping Tool Untuk Mengambil Tangkapan Layar

Cara Menggunakan Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar sangatlah mudah dan sederhana. Langkah-langkah berikut akan memberikan panduan lengkap:

Langkah 1: Membuka Snipping Tool

Untuk mulai menggunakan Snipping Tool, pertama-tama Anda harus membuka aplikasi tersebut.

Caranya sangatlah mudah, cukup klik tombol “Start” di sudut kiri bawah layar Windows Anda, kemudian cari dan klik “Snipping Tool” pada daftar aplikasi.

Langkah 2: Memilih Tipe Tangkapan Layar

Setelah membuka Snipping Tool, langkah selanjutnya adalah memilih tipe tangkapan layar yang ingin Anda ambil.

Snipping Tool menyediakan beberapa opsi, antara lain “Free-form Snip” untuk membuat tangkapan layar dengan bentuk bebas, “Rectangular Snip” untuk membuat tangkapan layar dengan bentuk persegi panjang, “Window Snip” untuk membuat tangkapan layar pada satu jendela tertentu, dan “Full-screen Snip” untuk membuat tangkapan layar seluruh bagian layar monitor Anda.

Langkah 3: Melakukan Tangkapan Layar

Setelah memilih tipe tangkapan layar, langkah berikutnya adalah melakukan tangkapan layar sesuai dengan pilihan yang Anda tentukan pada langkah sebelumnya.

Misalnya, jika Anda memilih “Rectangular Snip”, cukup klik dan tahan tombol mouse, lalu seret ke area yang ingin Anda tangkap.

Setelah itu, lepaskan tombol mouse untuk mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar tersebut akan otomatis terbuka di Snipping Tool.

Langkah 4: Mengedit dan Menyimpan Tangkapan Layar

Setelah melakukan tangkapan layar, Anda dapat mengeditnya dengan menggunakan alat-alat editing yang disediakan oleh Snipping Tool.

Ada berbagai opsi editing yang dapat dilakukan, seperti menandai atau menyorot bagian tertentu, menambahkan teks atau garis, serta memberikan efek blur pada area yang mengandung informasi sensitif.

Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan tangkapan layar tersebut dengan cara klik tombol “Save” dan tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Fitur-Fitur Pada Snipping Tool

Snipping Tool memiliki beberapa fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mengambil dan mengedit tangkapan layar. Beberapa fitur tersebut antara lain:

Opsi Tipe Tangkapan Layar yang Lengkap

Snipping Tool menyediakan opsi tipe tangkapan layar yang lengkap, mulai dari tangkapan layar dengan bentuk bebas, tangkapan layar persegi panjang, tangkapan layar jendela specific, hingga tangkapan layar seluruh bagian layar.

Opsi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Alat Editing yang Lengkap

Snipping Tool dilengkapi dengan berbagai alat editing yang lengkap, seperti pena, highlighter, eraser, dan masih banyak lagi.

Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi tangkapan layar dengan mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Snipping Tool juga menyediakan fitur keyboard shortcuts yang memudahkan pengguna dalam mengakses alat-alat editing dengan cepat.

Membagikan Langsung ke Aplikasi Lain

Snipping Tool juga memungkinkan pengguna untuk membagikan tangkapan layar secara langsung ke aplikasi lain.

Pengguna dapat langsung mengirim tangkapan layar melalui email, media sosial, atau aplikasi pesan instan tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu.

Fitur ini sangat praktis dan menghemat waktu bagi pengguna yang sering berbagi tangkapan layar dengan orang lain.

Kesimpulan

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan yang sangat berguna di sistem operasi Windows.

Dengan Snipping Tool, pengguna dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang akurat, mengeditnya, dan berbagi dengan orang lain.

Snipping Tool telah menggantikan metode tradisional tangkapan layar dan memberikan pengguna kemudahan dan fleksibilitas yang lebih besar.

Dengan update dan peningkatan fitur yang terus dilakukan oleh Microsoft, Snipping Tool tetap menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Windows untuk kebutuhan tangkapan layar mereka.

Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang sering membutuhkan screenshot dalam kegiatan sehari-hari, baik itu untuk keperluan presentasi, tutorial, maupun sekadar berbagi informasi dengan orang lain.

Dengan mengikuti panduan yang telah disampaikan di artikel ini, semoga Anda dapat menguasai cara menggunakan Snipping Tool dengan baik dan memaksimalkan potensi dari aplikasi ini.

Tinggalkan komentar